AFFORDABILITY TO PAY ROKOK DI KALANGAN REMAJA USIA 15-18 TAHUN (Studi Kasus : Kota Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis affordability to pay rokok di kalangan remaja usia 15-18 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang berupa kuisioner dan wawancara kepada remaja atau pelajar usia 15-18 tahun di Kota Yogyakarta serta data sekunder berupa hasil kuesioner yang digunakan untuk menguji hipotesis. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel opini, pengetahuan, faktor sosial, pembelian rokok, faktor keluarga dan iklan rokok. Pengambilan sampel dengan metode accidental sampling dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh 100 sampel. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa variabel pengetahuan, faktor sosial, pembelian rokok, faktor keluarga dan iklan rokok berpengaruh positif dan signifikan sedangkan variabel opini berpengaruh negarif dan tidak signifikan terhadap afordabilitas membeli rokok di kalangan remaja khususnya usia 15-18 tahun. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa variabel pengetahuan, faktor sosial, pembelian rokok, faktor keluarga dan iklan rokok berpengaruh positif dan signifikan. Variabel opini berpengaruh negarif dan tidak signifikan dalam penelitian ini. Diketahui bahwa besar nilai R square (𝑅2) sebesar 57,5% dimana pengetahuan, faktor sosial, pembelian rokok, faktor keluarga dan iklan rokok memiliki pengaruh terhadap affordability to pay rokok di kalangan remaja.