View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Economics and Islamic Banking
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Economics and Islamic Banking
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      IMPLEMENTASI PEMAHAMAN KONSUMSI ISLAMI PADA PERILAKU KONSUMSI JAMA’AH MASJID JOGOKARIYAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (63.76Kb)
      HALAMAN JUDUL (321.5Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (119.3Kb)
      INTISARI (247.9Kb)
      BAB I (277.4Kb)
      BAB II (567.0Kb)
      BAB III (162.7Kb)
      BAB IV (362.9Kb)
      BAB V (186.7Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (223.4Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (507.3Kb)
      Date
      2019
      Author
      SOCALINA, ERLIN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Manusia pada hakikatnya membutuhkan konsumsi untuk bertahan hidup dimana semakin tinggi kebutuhan, konsumsi juga akan semakin bertambah. Konsumsi setiap orang dapat berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan, gaya hidup, dan tingkat pendapatan yang mereka peroleh. Pada dasarnya konsumsi dibangun atas dua hal, yaitu, kebutuhan dan kegunaan atau manfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsumsi Islami pada perilaku konsumsi Jama’ah Masjid Jogokaryan dan untuk mengetahui implementasi pemahaman konsumsi Islami pada perilaku konsumsi Jama’ah Masjid Jogokaryan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif dengan cara mengumpulkan data berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar Jama’ah Masjid Jogokaryan yang memiliki pemahaman konsumsi Islami menunjukkan pemahaman mereka melalui perilaku konsumsinya dalam kehidupan sehari-hari dengan cara pemeriksaan label halal pada kemasan produk yang akan dikonsumsi, kesesuaian pemasukan dengan pengeluaran mereka, melaksanakan infaq dan sedekah dengan niat untuk mencari ridho Allah, dan mengutamakan kebutuhan dharūriyᾱt dibandingkan dengan kebutuhan ḥᾱjjiyᾱt dan taẖsīniyᾱt, namun masih terdapat informan yang memiliki perilaku menyimpang dari pemahaman mereka, hal ini dikarenakan adanya faktor yang mendasar yaitu informan terkadang membeli barang hanya untuk menjaga penampilan dan faktor lainnya dikarenakan informan membeli barang hanya karena tergiur dengan barang-barang yang di iklan maupun barang-barang diskon yang ada di pusat-pusat perbelanjaan..
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30727
      Collections
      • Department of Economics and Islamic Banking

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV