View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI NGARGOMULYO DUKUN MAGELANG

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (1.073Mb)
      HALAMAN JUDUL (1.791Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (422.3Kb)
      ABSTRAK (76.63Kb)
      BAB I (112.1Kb)
      BAB II (231.0Kb)
      BAB III (105.6Kb)
      BAB IV (385.5Kb)
      BAB V (110.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (99.18Kb)
      LAMPIRAN (1.010Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (1.630Mb)
      Date
      2019-06-27
      Author
      PRATAMA, RIDWAN ADI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri Ngargomulyo, Dukun, Magelang ditinjau dari segi context, input, process dan product. Alasan diadakan penelitian ini adalah karena adanya peraturan baru untuk menerapkan kurikulum 2013 pada setiap lembaga pendidikan formal (sekolah). Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui bagaimana efektivitas implementasi pembelajaran dengan kurikulum 2013 khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti disekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun model evaluasi yang digunakan adalah CIPP dengan menganalisis komponen context, input, process dan product. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah data terkumpul kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri Ngargomulyo, yaitu: (1) Evaluasi konteks latar belakang pelaksanaan program pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Ngargomulyo merupakan kebijakan pemerintah dalam bentuk Permendikbud Nomor 160 tahun 2014. (2) Evaluasi input menunjukan bahwa belum adanya seleksi akademik bagi calon peserta didik sehingga guru kurang mengetahui kemampuan awal peserta didik. Karakteristik kesiapan guru dari segi kelengkapanya juga perlu ditingkatkan. (3) Evaluasi proses guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Metode tersebut dirasa kurang berfariatif dan kurang memunculkan minat belajar pada peserta didik. Sarana kelas yang masih konvensional perlu ditingkatkan.(4) Evaluasi product, hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukan hasil yang baik terlihat dari hasil belajar peserta didik, prestasi yang diperoleh, dan pengamalan PAI dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30932
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV