View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERBANDINGAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN BPJS PBI DAN NON-PBI DI RUMAH SAKIT SWASTA YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (164.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (502.5Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (496.1Kb)
      INTISARI (147.5Kb)
      BAB I (360.1Kb)
      BAB II (326.8Kb)
      BAB III (280.1Kb)
      BAB IV (517.5Kb)
      BAB V (143.3Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (353.9Kb)
      LAMPIRAN (572.6Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (809.1Kb)
      Date
      2019
      Author
      AYUNINGTIA S, MELA RESTI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pendahuluan : Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) merupakan badan hukum publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosisal, Semua penduduk indonesia diwajibkan menjadi peserta jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS termasuk warga asing yang telah bekerja paling singkat enam bulan. Kualitas pelayanan adalah upaya dalam memuaskan setiap pemakaian jasa sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk. Sehingga diperlukan mutu pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standart yang telah ditetapkan. Peserta Bantuan Iuran (PBI) adalah Peserta BPJS yang tergolong fakir miskin dan orang tidak mampu dan Peserta Bukan Penerima Bantuan Iuran (Non-PBI) adalah Peserta BPJS yang tidak tergolong fakir miskin dan orang tidak mampu. Tujuan : Untuk mengetahui perbandingan kualitas pelayanan pasien BPJS PBI dan Non-PBI di Rumah Sakit Swasta Yogyakarta. Metode : jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan rancarngan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien BPJS PBI dan Non-PBI di Rumah Sakit Swasta Yogyakarta yang memnuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data menggunakan uji independent sampel t-test dan uji mann whitney. Hasil : Hasil penelitian pada analisis bivariat dikelas II terdapat perbedaan kualitas pelayanan pasien BPJS PBI dan Non-PBI secara signifikan dengan nilai signifikasi 0.018 dimana nilai tersebut <0.05, hasil penelitian pada kelas III terdapat perbedaan kualitas pelayanan pasien BPJS PBI dan Non-BPJS secara signifikan dengan nilai signifikasi 0.000 dimana nilai tersebut <0.05. hasil penelitian pada kelas II dan III terdapat perbedaan kualittas pelayanan pasien BPJS PBI dan Non-PBI secara signifikan dengan nilai signifikasi 0.000 dimana nilai tersebut lebih <0.05. Kesimpulan : Terdapat perbandingan kualitas pelayanan pasien BPJS PBI dan NonPBI kelas II dan kelas III di Rumah Sakit Swasta Yogyakarta
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31012
      Collections
      • Department of Medical Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV