View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI JEMBATAN KERETA API RANGKA BAJA TIPE WARREN BENTANG 42 METER BERDASARKAN SNI 2833:2016 DAN PETA GEMPA 2017

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (57.27Kb)
      HALAMAN JUDUL (834.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (420.8Kb)
      INTISARI (87.95Kb)
      BAB I (13.88Kb)
      BAB II (955.9Kb)
      BAB III (1.204Mb)
      BAB IV (1.004Mb)
      BAB V (10.64Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (176.9Kb)
      LAMPIRAN (1.269Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (1.100Mb)
      Date
      2019
      Author
      ISMAYANA, RAKA PUTRA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Jembatan kereta api dengan struktur rangka baja tipe warren di wilayah Sumatera merupakan infrastruktur yang telah ada sejak jaman kolonial Belanda. Jembatan ini difungsikan sebagai moda transportasi pengangkut sumber daya alam berupa batu bara. Konstruksi jembatan kereta api harus selalu dipantau dan dievaluasi kelayakan strukturnya, terutama terhadap beban gempa. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan peta hazard gempa yang selalu diperbaharui. Penelitian ini menggunakan peta hazard gempa tahun 2017, dengan memodelkan struktur jembatan rangka baja tipe warren bentang 42 meter menggunakan software SAP2000 V.21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai mode shape terbesar UZ terjadi pada titik dengan pergerakan dominan ke arah UZ dengan step number mode 6 sebesar 0,82536 satuan perpindahan dan dengan nilai periode 0,075276 detik. Untuk nilai periode (T) terbesar terjadi pada step number mode 1 sebesar 0,37002 detik. Displacement maksimum terjadi pada arah U3 di joint 25 sebesar 36,437377 mm berlawanan arah sumbu. Nilai displacement pada arah U3 lebih kecil dari nilai lendutan ijin sebesar 52,5 mm. Lalu, pada evaluasi kontrol tegangan, terdapat 13 batang yang mengalami overstressed dan batang yang mengalami tegangan terbesar terjadi pada batang tekan, yakni batang IWF150.150.7.10 dengan nilai Pu sebesar 22,462 ton dengan kapasitas Pntekan sebesar 12,612 ton. Berdasarkan ke-3 tinjauan tersebut, dapat disimpulkan bahwa, struktur jembatan memerlukan perkuatan struktur pada gelagar melintang yaitu, batang 1 (IWF1100.400.16.28), 2 (IWF1100.400.16.28) dan 7 (IWF1100.400.16.28) dan pada ikatan angin atas, yaitu batang 13-22 (IWF150.150.7.10).
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31157
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV