View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS KINERJA SIMPANG 3 TAK BERSINYAL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (97.51Kb)
      HALAMAN JUDUL (338.6Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (354.5Kb)
      ABSTRAK (78.96Kb)
      BAB I (69.43Kb)
      BAB II (265.4Kb)
      BAB III (221.1Kb)
      BAB IV (157.0Kb)
      BAB V (55.58Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (76.93Kb)
      LAMPIRAN (597.3Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (338.1Kb)
      Date
      2020-01-04
      Author
      PRAMUDITA, AJI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pertambahan jumlah penduduk berbanding lurus dengan bertambahnya jumlah kendaraan pada jalan yang akan menyebabkan kemacetan. Simpang merupakan tempat sangat berpotensi terjadinya kemacetan karena simpang merupakan titik bertemunya kendaraan dari beberapa lengan simpang. Pada penelitian kali ini berada pada simpang tiga tak bersinyal antara jalan Parangtritis dan jalan Mangkuyudan, Mergangsan, Yogyakarta. Penelitian dilakukan untuk mengetahui kinerja simpang tak bersinyal dengan mencari nilai kapasitas,derajat kejenuhan, tundaan, peluang antrian dan alternatif solusi simpang jika kinerja simpang tidak sesuai yang ditetapkaan dalam peraturan MKJI 1997. Berdasarkan hasil analisis kinerja simpang pada kondisi eksisting didapatkan kapasitas simpang sebesar 2558 smp/jam, derajat kejenuhan sebesar 1,38, nilai tundaan simpang 133,491 det/smp, dan nilai peluang antrian antara79,36 % sampai 167,25 %. Berdasarkan nilai dari hasil analisis kinerja simpang dapat disimpulkan bahwa simpang tidak dalam kondisi pelayanan yang baik, sehingga perlu adanya alternatif solusi pada simpang untuk memaksimalkan kinerja simpang. Ada dua alternatif solusi pada simpang tiga tak bersinyal Mangkuyudan. Alternatif solusi yang pertama adalah pemberlakuan larangan belok kanan dari arah Utara ke Barat ditambah dengan memaksimalkan lebar efektif jalan utama dengan ditambah 0,6 m pada setiap lajurnya. Pada alternatif pertama nilai derajat kejenuhan yang diperoleh turun menjadi 1,12. Sedangkan untuk alternatif yang kedua adalah pemberlakuan larangan belok kanan pada semua lengan dan menambah lebar efektif jalan utama dengan menambah 0,6 m di setiap lajurnya. Nilai derajat kejenuhan untuk alternatif kedua menjadi 0,96.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31231
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV