View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Government Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Government Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KUALITAS LAYANAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK BERBASIS WEBPORTAL PADA PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2019

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (144.4Kb)
      HALAMAN JUDUL (283.9Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (61.09Kb)
      ABSTRAK (83.17Kb)
      BAB I (739.1Kb)
      BAB II (513.6Kb)
      BAB III (983.0Kb)
      BAB IV (204.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (238.2Kb)
      LAMPIRAN (312.2Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (1.069Mb)
      Date
      2020-01-07
      Author
      WANPRALA, CONI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Saat ini perkembangan teknologi dan informasi sudah mencapai pada taraf yang sangat pesat. Teknologi dan informasi dimanfaatkan sebagai media pelayanan di lingkungan pemerintah yang juga dikenal dengan eGovernment terutama dalam hal pelayanan keterbukaan informasi publik. Pemerintah pusat melalui Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, mendorong semua Badan Publik untuk melakukan tranparansi dalam penyelenggaraan negara dengan memanfaatkan wesbsite. Sepuluh tahun telah berjalan, namun masih banyak website pemerintah daerah belum memiliki kualitas yang baik, dari keterpurukan sejumlah pemerintah Kabupaten/Kota dalam menjalankan program pembangunan e-Government tersebut, muncul Pemerintah Kabupaten Sleman yang telah melaksanakan pelayanan keterbukaan informasi publik berbasis digital. Penelitian ini adalah suatu penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan realita yang terjadi. Objek penelitian pada penelitian ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informmasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Sleman dengan domain https://ppid.slemankab.go.id. kemudian Dinas Kumunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman sebagai pihak penyelenggara program keterbukaan informasi publik. Tehnik pengumpulan data sendiri dilakukan denga cara wawancara, studi dokumentasi, dan pengamatan lapangan (observasi). Setelah pengumpulan dan penyajian data, kemudian data akan direduksi terlebih dahulu kemudian dianalisi dan disimpulkan. Dari hasil penelitian, secara umum penulis menyimpulkan bahwa website PPID Kabupaten Sleman sudah sampai pada taraf kualifikasi untuk menjadi sebuah website yang berkualitas, namun demikian masih ada beberapa perbaikan dan evaluasi yang harus dilakukan oleh instansi terkait agar menjadi lebih baik yaitu (i) website masih dinilai sebagai pelayanan satu arah (ii) Masih banyak OPD yang belum siap implementasikan PPID (iii) data dan informasi masih tidak update (iv) kurangnya daya tanggap pelayanan dalam permohonan informasi.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31264
      Collections
      • Department of Government Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV