View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERAN GURU AQIDAH AKHLAK TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (17.78Kb)
      HALAMAN JUDUL (523.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (246.7Kb)
      ABSTRAK (169.3Kb)
      BAB I (239.9Kb)
      BAB II (368.0Kb)
      BAB III (300.4Kb)
      BAB IV (342.1Kb)
      BAB V (171.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (155.7Kb)
      LAMPIRAN (230.7Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (363.6Kb)
      Date
      2019-12-20
      Author
      AMALIA, FARIDA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran guru terhadap religiusitas siswa, (2) mengetahui pendukung dan pengambat peran guru terhadap religiusitas siswa. Penelitian ini menggunakan motode deskriptif kualitatif dengan pendekatan atau metode kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Responden penelitian ini adalah satu guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dan 36 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Aqidah Akhlak telah memiliki peran yang baik terhadap religiusitas siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. (1) Religiusitas siswa sudah cukup baik dan hal ini berkaitan dengan peran guru Aqidah Akhlak. Peran guru Aqidah Akhlak terhadap religiusistas siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sudah baik. (2) Faktor pendukung peran guru ialah SDM dan fasilitas sekolah, seperti kegiatan dan pembiasaan keagamaan di sekolah. Faktor penghambat peran guru ialah SDM guru, yaitu kurangnya sikap tauladan yang diberikan kepada siswa mengenai pembiasaan sholat berjama‟ah di mushola.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31351
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV