View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KREATIVITAS GURU DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN TARIKH DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (90.95Kb)
      HALAMAN JUDUL (862.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (138.0Kb)
      INTISARI (153.8Kb)
      BAB I (463.2Kb)
      BAB II (569.3Kb)
      BAB III (326.2Kb)
      BAB IV (3.985Mb)
      BAB V (188.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (190.0Kb)
      LAMPIRAN (35.32Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (689.9Kb)
      Date
      2019-12-24
      Author
      NOVIANI, IGA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam menerapkan metode pembelajaran pendidikan Tarikh, dan untuk menganalisis apa saja problematika penerapan kreativitas guru dalam menerapkan netode pembelajaran pada pendidikan Tarikh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pada bulan Oktober 2019 - November 2019. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru Tarikh dan siswa kelas VIIA, VIIB, VIIE, VIIF, VIIH, VII I,sedangkan untuk informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil analaisis data menunjukkan bahwa kreativitas dapat dilihat dari empat aspek kreativitas yaitu kelancaran berfikir, fleksibelitas, elaborasi, dan orisinalitas. Hasil penelitian dari empat aspek kreativitas yang dimiliki guru tentang kreativitas guru dalam menerapkan metode pembelajaran pendidikan Tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta bahwa Kreativitas guru perlu ditingkatkan lagi dikarnakan dari keempat aspek guru hanya memiliki satu dari keempat aspek yaitu orisinalitas, dikarnakan masih rendahnya pengetahuan tentang kreativitas, namun guru terus berusaha untuk terus mengasah kreativitas dalam dirinya agar kreativitas yang dimiliki guru keluar.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31579
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV