KREATIVITAS GURU DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN TARIKH DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam menerapkan metode pembelajaran pendidikan Tarikh, dan untuk menganalisis apa saja problematika penerapan kreativitas guru dalam menerapkan netode pembelajaran pada pendidikan Tarikh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pada bulan Oktober 2019 - November 2019. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru Tarikh dan siswa kelas VIIA, VIIB, VIIE, VIIF, VIIH, VII I,sedangkan untuk informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil analaisis data menunjukkan bahwa kreativitas dapat dilihat dari empat aspek kreativitas yaitu kelancaran berfikir, fleksibelitas, elaborasi, dan orisinalitas. Hasil penelitian dari empat aspek kreativitas yang dimiliki guru tentang kreativitas guru dalam menerapkan metode pembelajaran pendidikan Tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta bahwa Kreativitas guru perlu ditingkatkan lagi dikarnakan dari keempat aspek guru hanya memiliki satu dari keempat aspek yaitu orisinalitas, dikarnakan masih rendahnya pengetahuan tentang kreativitas, namun guru terus berusaha untuk terus mengasah kreativitas dalam dirinya agar kreativitas yang dimiliki guru keluar.