View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Information Technology
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Information Technology
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH KARAKTER ORANG TUA TERHADAP POLA BERMAIN DALAM GAME PEMBELAJARAN KONSEP DUNIA DAN AKHIRAT

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (48.30Kb)
      HALAMAN JUDUL (597.6Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (218.9Kb)
      INTISARI (91.78Kb)
      BAB I (56.48Kb)
      BAB II (329.5Kb)
      BAB III (90.50Kb)
      BAB IV (294.5Kb)
      BAB V (40.96Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (155.9Kb)
      LAMPIRAN (210.3Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (413.1Kb)
      Date
      2020-01-02
      Author
      RINALDIE, HANDIKA RIO
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Al-Qur’an mengajarkan terkait pentingnya mengutamakan kepentingan akhirat daripada dunia, namun konsep ini tidak sepenuhnya diterapkan dalam kehidupan seharihari oleh generasi muda muslim, sehingga dibutuhkan sebuah metode pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan karakteristik remaja. Untuk mengatasi hal tersebut, sebuah serious game telah dibuat sebagai media pembelajaran dan terbukti bahwa cue mampu mempengaruhi pemain untuk lebih sering sholat di dalam game. Pada game tersebut cue di gambarkan dengan poster, menarik untuk melihat jika cue digantikan dengan karakter orang tua. Karakter orang tua dipilih karena pemain bermain sebagai anak dan seharusnya ikatan antara orang tua dan anak bisa lebih berpengaruh. Penelitian ini menggunakan metode 3 x 2 factorial mixed desaign dengan satu faktor between-subject pengingat (berbentuk poster, ayah, dan ibu) dan satu faktor within-subject jumlah sholat (sholat pre dan sholat post). Pada penelitian ini pengingat diberikan sekali di tengah-tengah permainan. Hasil analisis two-way mixed model ANOVA terhadap eksperimen ini, menunjukan bahwa pengingat karakter orang tua mampu meningkatkan jumlah sholat namun pengaruh nya masih sama kuat dengan poster. Ada 2 kemungkinan yang menyebabkan karakter orang tua sama kuat. Pertama interaksi dengan karakter orang tua kurang terlalu di-eksplorasi. Kedua bawasannya jumlah sholat akan meningkat karena ada yang mengingatkan, tanpa peduli siapapun yang mengingatkan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31613
      Collections
      • Department of Information Technology

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV