View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN AGAMA PADA REMAJA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN KEHIDUPAN BERAGAMA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KLAS II YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (19.68Kb)
      HALAMAN JUDUL (653.3Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (101.8Kb)
      INTISARI (87.22Kb)
      BAB I (240.8Kb)
      BAB II (258.0Kb)
      BAB III (101.9Kb)
      BAB IV (924.2Kb)
      BAB V (293.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (90.69Kb)
      LAMPIRAN (522.9Kb)
      Date
      2020-01-10
      Author
      ROHMADI, ROHMADI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembinaan agama pada remaja dalam meningkatkan kesadaran kehidupan beragama di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Yogyakarta yang ditinjau dari segi konteks, input, proses, dan produk. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif kualitatif dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek penelitian ini adalah 6 remaja dari total 17 remaja penghuni LPKA Klas II Yogyakarta dan satu orang petugas LPKA. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keakuratan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data, pemeriksaan sejawat, dan perpanjangan keikutsertaan. Penelitian menggunakan analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembinaan agama pada remaja dalam meningkatkan kesadaran kehidupan beragama di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Yogyakarta secara konteks, input, output, dan proses dengan hasil positif, positif, negatif, positif. Artinya, pada segi konteks baik, segi input baik, segi proses kurang baik, dan segi produk baik. Penyebab mengapa proses kurang baik adalah jumlah penyuluh agama dan ketersediaan bahan literasi keagamaan yang cenderung minim. Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa program pembinaan agama pada remaja dalam meningkatkan kesadaran kehidupan beragama di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Yogyakarta adalah baik. Akan tetapi dalam proses pelaksanaannya peneliti menilai masih terdapat kekurangan, di antaranya adalah kurangnya jumlah penyuluh/ pembina agama dan bahan literasi keagamaan yang cenderung minim. Sehingga dalam penelitian ini menyarankan kepada LPKA Klas II Yogyakarta agar: 1) menambah jumlah penyuluh, dan 2) menambah bahan literasi keagamaan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31728
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV