EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN AGAMA PADA REMAJA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN KEHIDUPAN BERAGAMA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KLAS II YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembinaan agama pada remaja dalam meningkatkan kesadaran kehidupan beragama di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Yogyakarta yang ditinjau dari segi konteks, input, proses, dan produk. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif kualitatif dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek penelitian ini adalah 6 remaja dari total 17 remaja penghuni LPKA Klas II Yogyakarta dan satu orang petugas LPKA. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keakuratan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data, pemeriksaan sejawat, dan perpanjangan keikutsertaan. Penelitian menggunakan analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembinaan agama pada remaja dalam meningkatkan kesadaran kehidupan beragama di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Yogyakarta secara konteks, input, output, dan proses dengan hasil positif, positif, negatif, positif. Artinya, pada segi konteks baik, segi input baik, segi proses kurang baik, dan segi produk baik. Penyebab mengapa proses kurang baik adalah jumlah penyuluh agama dan ketersediaan bahan literasi keagamaan yang cenderung minim. Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa program pembinaan agama pada remaja dalam meningkatkan kesadaran kehidupan beragama di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Yogyakarta adalah baik. Akan tetapi dalam proses pelaksanaannya peneliti menilai masih terdapat kekurangan, di antaranya adalah kurangnya jumlah penyuluh/ pembina agama dan bahan literasi keagamaan yang cenderung minim. Sehingga dalam penelitian ini menyarankan kepada LPKA Klas II Yogyakarta agar: 1) menambah jumlah penyuluh, dan 2) menambah bahan literasi keagamaan.