View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PENGGUNAAN BIODIESEL CAMPURAN MINYAK JARAK DAN MINYAK SAWIT DENGAN KOMPOSISI 3:7 TERHADAP UNJUK KERJA MESIN DIESEL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (20.91Kb)
      HALAMAN JUDUL (627.5Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (502.1Kb)
      INTISARI (160.9Kb)
      BAB I (73.90Kb)
      BAB II (261.9Kb)
      BAB III (1.154Mb)
      BAB IV (420.1Kb)
      BAB IV (420.1Kb)
      BAB V (34.03Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (93.36Kb)
      LAMPIRAN (255.9Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (396.8Kb)
      Date
      2020-02-01
      Author
      ASRUL, SURYA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kebutuhan minyak solar pada sektor-sektor transportasi, industi, dan pembangkit listrik meningkat terus, sedangkan produksi minyak solar di dalam negeri relatif tetap. Sehingga mendorong pemerintah untuk meningkatkan impor minyak solar guna memenuhi kebutuhan energi tersebut. Maka dari itu perlu adanya pengganti bahan bakar minyak alternatif salah satunya biodiesel yang menggunakan minyak nabati dari minyak jarak dan minyak sawit. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan karakteristik bahan bakar biodiesel minyak jarak – minyak sawit berupa daya, konsumsi bahan bakar spesifik, dan proses injeksi. Penelitian ini menggunakan mesin diesel silinder tunggal yang dihubungkan ke generator dengan menyalakan beban 5 lampu dengan daya masing-masing sebesar 500 watt. Biodiesel divariasikan menjadi B25, B30, B35, dan B40 dengan waktu 60 menit pada temperatur 70℃. Kemudian melakukan pengujian sifat fisik bahan bakar solar dan biodiesel, uji performa mesin diesel, serta uji kinerja mesin diesel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada beban maksimum bahan bakar solar merupakan yang terboros dari semua jenis variasi bahan bakar dan biodiesel campuran dengan variasi B40 merupakan bahan bakar yang paling hemat pemakaian bahan bakarnya pada pembebanan maksimal. Pada pengujian karakteristik injeksi menunjukkan bahwa solar murni akan memiliki sudut semprotan yang paling besar. Sedangkan bahan bakar biodiesel jarak mempunyai sudut semprotan yang paling kecil.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31812
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV