View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Agriculture
      • Department of Agrotechnology
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Agriculture
      • Department of Agrotechnology
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KECERDASAN SPIRITUAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMA INKLUSI

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (98.00Kb)
      HALAMAN JUDUL (735.6Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (294.5Kb)
      ABSTRAK (85.77Kb)
      BAB I (232.1Kb)
      BAB II (443.1Kb)
      BAB III (344.7Kb)
      BAB IV (296.7Kb)
      BAB V (163.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (88.52Kb)
      LAMPIRAN (210.8Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (399.9Kb)
      Date
      2019-12-14
      Author
      SUKMANINGRUM, DYAN ABRIANTY
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan: 1) untuk memahami dan menganalisis perkembangan kecerdasan spiritual siswa berkebutuhan khusus di SMAN 01 Sewon Yogyakarta, 2) untuk memahami dan menganalisis faktor yang mempengaruhi kecerdasan spiritual terhadap siswa berkebutuhan khusus di SMAN 1 Sewon, dan 3) untuk memahami dan menganalisis penerapan kecerdasan spiritual terhadap siswa berkebutuhan khusus di SMAN 1 Sewon Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 01 Sewon Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah satu orang guru Pendidikan Agama Islam (PAI), satu orang guru pendamping khusus dan dua orang siswa berkebutuhan khusus. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap analisis yang digunakan antara lain pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kecerdasan spiritual siswa berkebutuhan khusus di SMAN 01 Sewon Yogyakarta sudah cukup baik. Hal ini terjadi karena adanya pembiasaan yang telah diajarkan di jenjang sekolah sebelumnya, serta siswa berkebutuhan khusus menerapkan spiritual yang diajarkan dalam kehidupan sehari-hari dan terjadinya proses pembiasaan yang dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa berkebutuhan khusus. Terdapat faktor yang mempengaruhi kecerdasan spiritual siswa berkebutuhan khusus di SMAN 01 Sewon Yogyakarta ialah faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan rumah atau keluarga, dimana kedua faktor ini sangat penting dalam pembentukan dan pengembangan kecerdasan spiritual siswa berkebutuhan khusus. Penerapan kecerdasan spiritual dalam kehidupan sehari-hari sangat baik, Siswa berkebutuhan khusus memiliki kecerdasan spiritual, maka siswa tersebut memiliki ciri-ciri kecerdasan spiritual, yaitu : memiliki tujuan hidup yang jelas, memiliki prinsip hidup, selalu merasakan kehadiran allah, cenderung kepada kebaikan, berjiwa besar, dan memiliki empati.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31871
      Collections
      • Department of Agrotechnology

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV