View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SD HJ.ISRIATI BAITURRAHMAN 1 DAN SD BINA HARAPAN SEMARANG

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (99.98Kb)
      HALAMAN JUDUL (481.1Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (2.555Mb)
      ABSTRAK (87.47Kb)
      BAB I (174.9Kb)
      BAB II (263.2Kb)
      BAB III (238.3Kb)
      BAB IV (346.0Kb)
      BAB V (102.7Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (220.1Kb)
      LAMPIRAN (447.8Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (206.6Kb)
      Date
      2019-12-30
      Author
      ARSI, FADILAH
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi input program inklusi di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 dan SD Bina Harapan Semarang. Selain itu penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan program inklusi yang dimiliki oleh masingmasing sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian evauatif komparatif. Tempat penelitian ini di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 dan SD Bina Harapan Semarang. Adapun subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Wali Kelas, Guru Pendamping Khusus/Shadow Teacher dan Siswa ABK. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 dan SD Bina Harapan merupakan sekolah yang tercatat sebagai sekolah regular di Dinas Pendidikan, kedua sekolah ini sama-sama menerima siswa ABK di sekolah sejak awal berdiri. Hal ini didasari karena setiap anak berhak mendapatkan pendidikan. Sekolah mempersiapkan Guru Pendamping Khusus untuk siswa ABK juga bekerja sama dengan psikolog dalam melakukan assessment untuk mengidentifikasi dan terapi untuk siswa ABK. Sarana prasarana yang ada di sekolah layaknya sekolah regular, belum ada fasilitas khusus yang disiapkan sekolah untuk siswa ABK. Adapun keberhasilan program inklusi yang diterapkan oleh kedua sekolah adalah siswa ABK mampu mengikuti UN dan lulus dengan nilai minimal yang ditentukan oleh sekolah. Kedua sekolah memiliki manajemen yang berbeda, misalnya di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 sekolah memberikan jam belajar tambahan bagi siswa ABK sedangkan di SD Bina Harapan siswa ABK mendapatkan terapi dengan psikolog seminggu sekali.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31881
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV