View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (191.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (763.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (247.7Kb)
      ABSTRAK (345.8Kb)
      BAB I (298.5Kb)
      BAB II (465.9Kb)
      BAB III (16.75Kb)
      BAB IV (450.7Kb)
      BAB V (11.44Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (217.8Kb)
      LAMPIRAN (621.0Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (258.7Kb)
      Date
      2019-12-23
      Author
      FAUZI, M. RISKY
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai yang ditanamkan oleh guru Pendidikan Agama Islam yang telah dirumuskan oleh sekolah dan mengetahui strategi dalam meningkatkan karakter serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung Pendidikan Agama Islam berbasisi karakter di SMA Muhammadiyah Boarding School Bantul. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai tekhnik pengumpulan data. Adapun subjek yang masuk dalam kreteria dipenelitian yaitu 2 guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah dan siswa/i SMA Muhammadiyah Boarding School Bantul. Setelah data diperoleh, kemudian menganalisis dengan melakukan perbandingan dengan penelitian terdahulu. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu: (1). Nilai karakter yang ditanamkan oleh guru Pendidikan Agama Islam yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif ,mandir, demokratis, semangat kebangsaan dan Nasionalisme, menghargai presetasi dan peduli sosial, (2). Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter siswa yaitu dengan: keteladanan, kedisiplinan, Pembiasaan dan Integrasi, (3). Faktor penghambat dan pendukung penanaman karakter ada dua, Internal dan Eksternal.pada faktor pendukung internal terbagi menjadi dua bagian yaitu fasilitas dan ektrakurikuler, sedangkan faktor pendukung eksternalnya terbagi menjadi dua: Orang tua dan lokasi sekolah yang strategis. Adapun faktor penghambat terbagi menjadi dua yaitu Internal dan Eksternal, di dalam faktor internal terbagi menajdi dua yaitu siswa dan guru, sedangkan dalam faktor eksternalnya tidak ada.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31889
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV