View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Vocational Final Project
      • Teknik Mesin Otomotif dan Manufaktur
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Vocational Final Project
      • Teknik Mesin Otomotif dan Manufaktur
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ALTERNATIF BAHAN KNALPOT DENGAN PLAT GALVANIS TERHADAP PENINGKATAN EFISIENSI DAN PERFORMA SEPEDA MOTOR

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (204.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (430.5Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (690.4Kb)
      INTISARI (11.04Kb)
      BAB I (294.0Kb)
      BAB II (508.5Kb)
      BAB III (1.102Mb)
      BAB IV (719.4Kb)
      BAB V (184.6Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (188.4Kb)
      Date
      2020-01-07
      Author
      NURDIANIN, DIMAS ARDIAN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Sejarahnya fungsi knalpot adalah untuk meredam hasil ledakan di ruang bakar, ledakan ini menimbulkan suara yang sangat bising. Serta gas sisa hasil pembakaran yang keluar dari saluran buang tidak langsung dilepas ke udara terbuka. Gas buang disalurkan terlebih dahulu ke dalam peredam suara atau muffler di dalam knalpot. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui hasil perbandingan dynotest, uji bobot dan uji kebisingan. Proses penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis perbandingan knalpot standar Yamaha Byson dengan knalpot alternatif. Dan kemudian mengetahui hasil uji dynotest, uji bobot dan uji kebisingan dari masing-masing knalpot. Metode yang digunakan adalah dengan membandingkan power maksimal knalpot, torsi maksimal knalpot, bobot keseluruhan knalpot dan kebisingan knalpot dengan knalpot standar Yamaha Byson dan knalpot alternatif berbahan galvanis. Dari hasil perbandingan, uji dynotest pada knalpot standar menghasilkan power maksimal 12,4 Hp pada Rpm 7336 dan torsi maksimal 12,99 N.m pada 6186 rpm sedangkan pada knalpot alternatif menghasilkan power maksimal 13,3 Hp pada Rpm 7695 dan torsi maksimal 13,81 N.m pada Rpm 5501. Kemudian uji bobot pada knalpot standar memiliki berat 6,450 Kg sedangkan bobot knalpot alternatif memiliki berat 3,2 Kg. Pada pengujian kebisingan untuk knalpot standar bahwa pada Rpm 1000 sampai Rpm 6000 knalpot alternatif bisa hampir sama dengan hasil knalpot standar, namun pada Rpm 7000 sampai Rpm 8500 knalpot alternatif lebih menghasilkan suara yang lebih rendah dari pada knalpot standar
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31901
      Collections
      • Teknik Mesin Otomotif dan Manufaktur

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV