View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI GURU ISMUBA DALAM PENANGGULANGAN AGRESIVITAS SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH KASIHAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (58.38Kb)
      HALAMAN JUDUL (826.7Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (441.9Kb)
      ABSTRAK (83.13Kb)
      BAB I (124.7Kb)
      BAB II (270.1Kb)
      BAB III (61.96Kb)
      BAB IV (335.2Kb)
      BAB V (140.6Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (158.6Kb)
      LAMPIRAN (1.398Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (507.9Kb)
      Date
      2019-12-21
      Author
      MAULINA, AISYAH
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk perilaku agresif, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi agresivitas, mengkaji strategi guru ISMUBA dalam mengatasi agresivitas, dan menemukan keberhasilan guru ISMUBA dalam mengatasi agresivitas perilaku siswa di SMA Muhammadiyah Kasihan. Penelitian ini merupakan penelitian studi lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Bentuk perilaku agresif siswa di SMA Muhammadiyah Kasihan ialah berkelahi, merusak fasilitas sekolah, menyindir di media sosial, memanggil nama teman dengan sebutan lain, mengganggu teman, pacaran, membolos, keluar masuk kelas pada waktu jam pelajaran, keinginan keluar lingkungan sekolah, terlambat masuk sekolah, dan memelintir; 2) Faktor yang mempengaruhi agresivitas siswa di SMA Muhammadiyah kasihan antara lain: pergaulan teman sebaya, kurang perhatian dari orang tua, broken home, penggunaan handphone (hp), dan lingkungan masyarakat yang negatif; 3) Strategi guru ISMUBA dalam mengatasi agresivitas siswa dilakukan secara preventif dan kuratif. Tindakan preventif yaitu tindakan atau langkah-langkah yang dilakukan untuk mencegah terjadinya agresivitas siswa, dan tindakan kuratif yaitu tindakan atau penanganan yang dilakukan setelah terjadinya agresivitas siswa; 4) Upaya penanggulangan untuk mengatasi agresivitas perilaku siswa yang dilakukan oleh guru ISMUBA cukup berhasil. Dibuktikan dengan hasil yang positif pada perubahan perilaku siswa.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31921
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV