View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PELAJARAN AKHLAK DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (46.92Kb)
      HALAMAN JUDUL (625.8Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (639.6Kb)
      INTISARI (272.4Kb)
      BAB I (398.4Kb)
      BAB II (374.2Kb)
      BAB III (576.5Kb)
      BAB IV (635.4Kb)
      BAB V (182.6Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (295.5Kb)
      LAMPIRAN (2.973Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (959.3Kb)
      Date
      2020-01-04
      Author
      KURNIAWATI, ALIFAH LISA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa adanya pengaruh penerapan metode mind map terhadap motivasi belajar siswa pelajaran akhlak di SD Muhammadiyah Sapen Gowongan Yogyakarta. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Al-Jazari yang terdiri dari 23 peserta didik. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi dan dokumentasi. Penerapan metode mind map di SD Muhammadiyah Sapen Gowongan Yogyakarta berada pada kategori baik, hal ini terlihat dari observasi guru dalam penerapan metode mind map. Presentase observasi guru mengalami peningkatan yang semula 75% menjadi 85.94%. Motivasi belajar siswa pelajaran akhlak di SD Muhammdiyah Sapen Gowongan Yogyakarta pada kategori sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari ratarata nilai motivasi sebelum dan sesudah penerapan metode mind map dari 53.64 menjadi 65.36. Dari hasil Uji Paired Sample T-Test terdapat pengaruh positif yang sangat signifikan ditandai pada nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Maka artinya ada pengaruh positif penerapan metode mind map terhadap motivasi belajar siswa pelajaran akhlak di SD Muhammadiyah Sapen Gowongan Yogyakarta
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32180
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV