PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PELAJARAN AKHLAK DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa adanya pengaruh penerapan metode mind map terhadap motivasi belajar siswa pelajaran akhlak di SD Muhammadiyah Sapen Gowongan Yogyakarta. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Al-Jazari yang terdiri dari 23 peserta didik. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi dan dokumentasi. Penerapan metode mind map di SD Muhammadiyah Sapen Gowongan Yogyakarta berada pada kategori baik, hal ini terlihat dari observasi guru dalam penerapan metode mind map. Presentase observasi guru mengalami peningkatan yang semula 75% menjadi 85.94%. Motivasi belajar siswa pelajaran akhlak di SD Muhammdiyah Sapen Gowongan Yogyakarta pada kategori sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari ratarata nilai motivasi sebelum dan sesudah penerapan metode mind map dari 53.64 menjadi 65.36. Dari hasil Uji Paired Sample T-Test terdapat pengaruh positif yang sangat signifikan ditandai pada nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Maka artinya ada pengaruh positif penerapan metode mind map terhadap motivasi belajar siswa pelajaran akhlak di SD Muhammadiyah Sapen Gowongan Yogyakarta