View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (27.70Kb)
      HALAMAN JUDUL (420.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (203.4Kb)
      ABSTRAK (277.8Kb)
      BAB I (50.21Kb)
      BAB II (443.2Kb)
      BAB III (193.2Kb)
      BAB IV (498.4Kb)
      BAB V (182.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (398.9Kb)
      LAMPIRAN (407.4Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (206.3Kb)
      Date
      2019-12-13
      Author
      PRANATA, LEO
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh kesejahteraan psikologis siswa miskin dan regulasi diri siswa miskin, di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif pendekatan kualitatif, subyek penelitian adalah siswa yang berkarakteristik sebagai siswa miskin di kelas V dan kelas VI yang berjumlah 6 siswa di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji keabsahanan data meliputi uji kredibilitas perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kondisi kesejahteraan psikologis siswa miskin di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul menggambarkan sikap-sikap yang baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya pencapaian siswa dari 6 dimensi kesejahteraan 2) Siswa miskin di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul juga memiliki sikap regulasi diri yang cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya kemandirian dalam belajar maupun melakukan kegiatan. 3) Dampak kesejahteraan psikologis dan regulasi diri siswa miskin ini memiliki dampak positif yang dapat menjadikan dirinya lebih baik dan mengetahui kebutuhannya secara mandiri sehingga kekurangan maupun hambatan yang dihadapi dapat diselesaikan, serta tujuan yang hendak diinginkan dapat tercapai. Dampak positif tersebut memberikan pengaruh yang berkelanjutan bagi masa depan anak, karena sejak usia dasar sudah dapat belajar dan melakukan kegiatan secara mandiri.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32213
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV