View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SMP IT AL-HUDA WONOGIRI

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (52.40Kb)
      HALAMAN JUDUL (452.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (446.7Kb)
      INTISARI (101.8Kb)
      BAB I (96.72Kb)
      BAB II (239.9Kb)
      BAB III (210.2Kb)
      BAB IV (283.0Kb)
      BAB V (68.04Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (128.1Kb)
      LAMPIRAN (197.7Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (386.5Kb)
      Date
      2020-01-04
      Author
      SRIABIDIN, CARABINER WIKAN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji program tahfidz al-Qur’an di SMP IT Al-Huda Wonogiri. Mengetahui pelaksanaan program pembelajaran tahfidz alQur’an. Menganalisa pencapaian hasil program pembelajaran tahfidz al-Quran. Jenis penelitian adalah penelitian evaluasi ex post fakto menggunakan pendekatan evaluatif deskriptif dengan desain penelitian evaluasi menggunakan teori stufflebeam dengan alur penelitian context, input, process, product (CIPP). Subjek dalam penelitian ini kepala sekolah, pimpinan pondok, musrif dan peserta didik sebanyak 340 peserta didik tahun ajaran 2018/2019. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dukumentasi. Kesimpulan penelitian sebagai berikut: 1) Evaluasi Konteks menunjukkan bahwa sudah baik dari pengambilan keputusan untuk dijadikan sebuah program secara struktural yang mana awalnya hanyalah mata pelajaran seperti matapelajaran yang lain. 2) Evaluasi input menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam penerimaan sudah diketahui dan juga mendapatkan pembinaan dalam ujian masuk, begitu juga untuk tenaga pendidik juga sudah memenuhi standar dalam pemilihan menjadi musrif guna kelancaran program tahfidz al-Qur’an, sedangakan dalam sarana dan prasarana ada yang masih harus diperhatikan pada mushola. 3) Evaluasi Proses menunjukan bahwa, kegiatan pembelajaran tahfidz al-Qur’an sudah baik dikarenakan dalam pelaksanaan sesuai yang sudah direncanakan secara sistematis dan juga sudah ada penetapan targer setiap musrif yang membimbing peserta didik dan juga setiap musrif mempunyai cara sendiri untuk melaksanakan pembelajaran secara tersetrutur. 4) Evaluasi hasil menunjukan bawah pada tahun ajaran 2018/2019 terdapat peningkatan di dalam hafalan al-Qur’an pada setiap peserta didik yang mana perbandingan hasil dari semester ganjil dengan semester genap mengikuti level tahfidz. Jadi, pada pelaksanaan program pembelajaran tahfidz alQur’an di SMP IT Al-Huda Wonogiri dapat dikatakan baik.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32363
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV