EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SMP IT AL-HUDA WONOGIRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji program tahfidz al-Qur’an di SMP IT Al-Huda Wonogiri. Mengetahui pelaksanaan program pembelajaran tahfidz alQur’an. Menganalisa pencapaian hasil program pembelajaran tahfidz al-Quran. Jenis penelitian adalah penelitian evaluasi ex post fakto menggunakan pendekatan evaluatif deskriptif dengan desain penelitian evaluasi menggunakan teori stufflebeam dengan alur penelitian context, input, process, product (CIPP). Subjek dalam penelitian ini kepala sekolah, pimpinan pondok, musrif dan peserta didik sebanyak 340 peserta didik tahun ajaran 2018/2019. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dukumentasi.
Kesimpulan penelitian sebagai berikut: 1) Evaluasi Konteks menunjukkan bahwa sudah baik dari pengambilan keputusan untuk dijadikan sebuah program secara struktural yang mana awalnya hanyalah mata pelajaran seperti matapelajaran yang lain. 2) Evaluasi input menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam penerimaan sudah diketahui dan juga mendapatkan pembinaan dalam ujian masuk, begitu juga untuk tenaga pendidik juga sudah memenuhi standar dalam pemilihan menjadi musrif guna kelancaran program tahfidz al-Qur’an, sedangakan dalam sarana dan prasarana ada yang masih harus diperhatikan pada mushola. 3) Evaluasi Proses menunjukan bahwa, kegiatan pembelajaran tahfidz al-Qur’an sudah baik dikarenakan dalam pelaksanaan sesuai yang sudah direncanakan secara sistematis dan juga sudah ada penetapan targer setiap musrif yang membimbing peserta didik dan juga setiap musrif mempunyai cara sendiri untuk melaksanakan pembelajaran secara tersetrutur. 4) Evaluasi hasil menunjukan bawah pada tahun ajaran 2018/2019 terdapat peningkatan di dalam hafalan al-Qur’an pada setiap peserta didik yang mana perbandingan hasil dari semester ganjil dengan semester genap mengikuti level tahfidz. Jadi, pada pelaksanaan program pembelajaran tahfidz alQur’an di SMP IT Al-Huda Wonogiri dapat dikatakan baik.