View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PEMBELAJARAN TARIKH BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (74.58Kb)
      HALAMAN JUDUL (526.3Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (443.2Kb)
      ABSTRAK (86.48Kb)
      BAB I (212.1Kb)
      BAB II (279.1Kb)
      BAB III (151.7Kb)
      BAB IV (459.8Kb)
      BAB V (126.6Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (162.4Kb)
      LAMPIRAN (1.984Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (452.7Kb)
      Date
      2019-12-24
      Author
      NINDIKA, LUSSITA JENI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pelaksanaan pembelajaran Tarikh berbasis kearifan lokal., (2) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Tarikh berbasis kearifan lokal pada kelas IX di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa saat proses pembelajaran Tarikh. Objek penelitian ini adalah kearifan lokal dalam metode pembelajaran Tarikh pada kelas IX di SMP Muhammadiyah Yogyakarta. Data diperoleh melalui observasi kegiatan pembelajaran, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi berupa gambar kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan hal – hal sebagai berikut: (1) pelaksanaan pembelajaran Tarikh pada kelas IX di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sesuai dengan kearifan lokal masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta., (2) faktor pendukung pelaksanaan Tarikh berbasis kearifan lokal pada kelas IX di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta adalah fasilitas pembelajaran yang memadahi dan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga sejarah dan budaya, faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran Tarikh berbasis kearifan lokal pada kelas IX di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta adalah suasana kelas, banyaknya materi pelajaran, dan kurangnya motivasi belajar siswa.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32458
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV