View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERBANDINGAN BLOCK DAN HEAD STANDART DENGAN BLOCK DAN HEAD YANG TELAH DIMODIFIKASI TERHADAP PERFORMANCE MOTOR 2 LANGKAH ( RX - KING 135 CC )

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (16.59Kb)
      HALAMAN JUDUL (306.2Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (2.812Mb)
      INTISARI (179.1Kb)
      BAB I (182.4Kb)
      BAB II (404.4Kb)
      BAB III (182.4Kb)
      BAB IV (419.4Kb)
      BAB V (180.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (280.3Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN NASKAH PUBLIKASI (1.683Mb)
      JURNAL (1.683Mb)
      LAMPIRAN (175.0Kb)
      LAMPIRAN (195.1Kb)
      LAMPIRAN (198.6Kb)
      LAMPIRAN (194.2Kb)
      LAMPIRAN (194.1Kb)
      Date
      2019-12-11
      Author
      PUTRA, WAHID YACTA HUSADHA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi darat yang banyak digunakan di Indonesia karena selain harganya murah untuk dijangkau oleh masyarakat menengah ke bawah,dikarenakan penggunaannya yang cukup banyak maka terbentuklah sebuah komunitas. Salah satu motor bakar yang kebanyakan digunakan oleh komunitas saat ini adalah motor bakar dua-tak. Pada keperluan balap untuk memenuhi standar kelas yang dilombakan, sepeda motor harus memiliki spesifikasi yang telah ditentukan, maka dari itu penelitian ini memodifikasi sepeda motor dengan cara merubah block dan head satandart menjadi block dan head yang memiliki spesifikasi khusus untuk balap . Tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari pengaruh modifikasi block dan head pada motor bakar dua langkah Yamaha RX-KING 135 cc terhadap nilai daya, torsi, konsumsi bahan bakar, dan waktu tempuh pada lintasan. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan studi literatur, penggantian block dan head standar dengan block dan head yang telah dimodifikasi, kemudian melakukan pengujian menggunakan dynamo meter.Setelah pengujian daya dan torsi kemudian dilanjutkan dengan pengujian konsumsi bahan bakar dan pengujian waktu tempuh. Hasil data dari semua pengujian di input menjadi grafik dan diagram kemudian selanjutnya dilakukan analisa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dengan menggunakan block dan head yang telah dimodifikasi yaitu terjadi peningkatan pada nilai daya sebesar 45,45 % dan pada nilai torsi sebesar 34,11 %. Konsumsi bahan bakar meningkat sebesar 34,78 %, dan pengujian waktu tempuh terbaik, sepeda motor dapat menempuh jarak 201 m dengan waktu 9,65 detik.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32503
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV