View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MADRASAH ‘ALIYAH NEGERI (MAN) 1 SLEMAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (318.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.254Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (302.4Kb)
      ABSTRAK (160.7Kb)
      BAB I (496.2Kb)
      BAB II (702.0Kb)
      BAB III (287.5Kb)
      BAB IV (491.8Kb)
      BAB V (165.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (396.8Kb)
      LAMPIRAN (1.323Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (926.4Kb)
      Date
      2020-04-06
      Author
      ASHIDQI, RIZQI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakter religius siswa di MAN 1 Sleman, mengetahui strategi yang digunakan untuk mengembangkan karakter religius siswa, dan faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan karakter religius siswa di MAN 1 Sleman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian peneliti menggunakan teknik triangulasi sebagai bentuk uji kredibilitas data. Data tersebut dianalisis dengan cara direduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) karakter religius siswa MAN 1 Sleman meliputi; karakter religius terhadap Tuhan, karakter religius terhadap diri sendiri, karakter religius terhadap keluarga, karakter religius terhadap orang lain, karakter religius terhadap masyarakat dan bangsa, serta karakter religius terhadap lingkungan. (2) strategi yang digunakan untuk mengembangkan karakter religius siswa di MAN 1 Sleman adalah dengan melalui pembiasaan, pembelajaran, merasakan dan mencintai kebaikan, tindakan baik, keteladanan, dan hukuman. (3) faktor pendukung dan penghambat meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor pendukung terbagi dua, yang berasal dari faktor internal, seperti keadaan diri siswa, kepercayaan diri, kemampuan siswa, dan kecerdasan siswa. Adapun faktor eksternal seperti lengkapnya sarana dan prasarana, mudahnya akses jalan, dan lain sebagainya. Faktor penghambat dalam sebuah strategi juga dibagi dua, yaitu internal dan eksternal. Faktor internal seperti sifat malas siswa, sedikitnya motivasi, dan kecerdasan yang terbatas. Sedangkan faktor eksternal misalnya ada beberapa fasilitas sekolah yang belum memadai, sebagian ruangan kelas yang kecil, dan minimnya pendingin ruangan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/33719
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV