View Item 
      •   UMY Repository
      • 04. LECTURERS ACADEMIC ACTIVITIES
      • JURNAL
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 04. LECTURERS ACADEMIC ACTIVITIES
      • JURNAL
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM KONTEKSTUAL DENGAN PHOTO ESSAYS DALAM PRAKTIK MICROTEACHING

      Thumbnail
      View/Open
      Bidang C.14-Nurwanto (424.9Kb)
      Peer Review C.14-Nurwanto (425.4Kb)
      Date
      2018-09
      Author
      NURWANTO, NURWANTO
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tulisan ini menginvestigasi desain pembelajaran mahasiswa dalam kelas microteaching dengan menggunakan photo essay (PE). Sebagaimana diketahui, pelatihan pembelajaran yang inovatif bagi calon guru Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan kebutuhan utama agar mereka mampu mendesain dan menerapkannya dalam tanggung jawab profesinya di masa depan. Di antara metode dan sumber belajar inovatif yang perlu diterapkan adalah photo essay agar pembelajaran lebih konstruktif dan kontekstual. Penelitian ini adalah studi kasus dengan menempatkan kelas microteaching di Prodi PAI FAI UMY sebagai unit analisisnya. Data dikumpulkan melalui FGD, dokumentasi dan observasi. Melalui analisis konten atas dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan karya PE, serta analisis induktif melalui FGD dan observasi atas praktek mengajar siswa, hasil riset ini disajikan dalam bentuk tabel, foto dan narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, di dalam sejumlah RPP sesuai Kurikulum 2013, PE dicantumkan baik sebagai metode, model maupun sumber belajar. Di dalamnya PE digunakan dalam dua tahap pertama pembelajaran saintifik yakni mengamati dan menanya. Namun, PE ternyata bukan satu-satunya metode dan sumber belajar dalam desain RPP karena terdapat kombinasi metode dan sumber belajar lainnya. Sementara itu, sebagian PE memuat unsur kedalaman narasi, koneksi emosi, kekuatan nilai individual, orisinal dan kontekstual karena dialami praktikan secara langsung. Kedua, praktikan menerapkan ragam pembelajaran di kelas. Ada praktikan yang menggunakan PE sebagai suplemen informasi bagi siswa dan, yang kedua, PE yang disusun hanya disajikan di akhir pembelajaran. Cara yang ketiga adalah komentar atas foto-foto dilakukan secara kolaboratif antara siswa secara individual maupun kelompok dan guru. Desain dan praktik PE dalam pembelajaran PAI ini diindikasikan mendukung pembelajaran konstruktivistik dan konstekstual sesuai kebutuhan guru di masa depan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35126
      Collections
      • JURNAL

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV