dc.description.abstract | Tulisan ini menginvestigasi desain pembelajaran mahasiswa dalam kelas microteaching dengan
menggunakan photo essay (PE). Sebagaimana diketahui, pelatihan pembelajaran yang inovatif
bagi calon guru Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan kebutuhan utama agar mereka
mampu mendesain dan menerapkannya dalam tanggung jawab profesinya di masa depan. Di
antara metode dan sumber belajar inovatif yang perlu diterapkan adalah photo essay agar
pembelajaran lebih konstruktif dan kontekstual. Penelitian ini adalah studi kasus dengan
menempatkan kelas microteaching di Prodi PAI FAI UMY sebagai unit analisisnya. Data
dikumpulkan melalui FGD, dokumentasi dan observasi. Melalui analisis konten atas dokumen
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan karya PE, serta analisis induktif melalui FGD
dan observasi atas praktek mengajar siswa, hasil riset ini disajikan dalam bentuk tabel, foto dan
narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, di dalam sejumlah RPP sesuai Kurikulum
2013, PE dicantumkan baik sebagai metode, model maupun sumber belajar. Di dalamnya PE
digunakan dalam dua tahap pertama pembelajaran saintifik yakni mengamati dan menanya.
Namun, PE ternyata bukan satu-satunya metode dan sumber belajar dalam desain RPP karena
terdapat kombinasi metode dan sumber belajar lainnya. Sementara itu, sebagian PE memuat
unsur kedalaman narasi, koneksi emosi, kekuatan nilai individual, orisinal dan kontekstual
karena dialami praktikan secara langsung. Kedua, praktikan menerapkan ragam pembelajaran di
kelas. Ada praktikan yang menggunakan PE sebagai suplemen informasi bagi siswa dan, yang
kedua, PE yang disusun hanya disajikan di akhir pembelajaran. Cara yang ketiga adalah
komentar atas foto-foto dilakukan secara kolaboratif antara siswa secara individual maupun
kelompok dan guru. Desain dan praktik PE dalam pembelajaran PAI ini diindikasikan
mendukung pembelajaran konstruktivistik dan konstekstual sesuai kebutuhan guru di masa
depan. | en_US |