View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Arabic Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Arabic Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN BERMAIN GAMBAR TEMATIK DALAM MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL QUDWAH POGUNG YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018 – 2019

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (81.60Kb)
      HALAMAN JUDUL (736.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (446.2Kb)
      ABSTRAK (183.9Kb)
      BAB I (402.0Kb)
      BAB II (504.7Kb)
      BAB III (346.5Kb)
      BAB IV (568.5Kb)
      BAB V (147.6Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (217.2Kb)
      LAMPIRAN (1.506Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (828.8Kb)
      Date
      2020
      Author
      HINDUN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang: Berdasarkan hasil observasi di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al Qudwah Pogung Yogyakarta 2018-2019, Masih ditemukan guru yang menggunakan metode ceramah, dalam penyampaian materi kepada siswa, sehingga hal ini dapat dikatakan masih kurang efektif dan efisien bagi siswa. Dan pengaruhnya diantaranya siswa menjadi sulit memahami materi dari guru dan menjadi bosan, karena guru yang menggunakan metode ceramah dianggap monoton dalam kelas ketika proses pembelajaran. Maka dalam hal ini, metode bermain gambar tematik merupakan salah satu metode alternatif yang dapat digunakan oleh guru bahasa Arab Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al Qudwah Pogung Yogyakarta agar kegiatan dalam kelas dapat berkembang dan siswa dapat memahami penyampaian materi dengan baik. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penambahan mufradat dengan menggunakan metode bermain gambar tematik pada siswa kelas B1 di Taman Kanakkanak Islam Terpadu Al Qudwah Pogung Yogyakarta 2018-2019. 2) Untuk menguji seberapa berpengaruh penerapan metode bermain gambar tematik dalam meningkatkan kosa kata bahasa Arab Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al Qudwah Pogung Yogyakarta 2018- 2019. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen one grup pretest postest design. Sampel dalam penelitian ini adalah 16 siswa kelas B1. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar berupa pre test dan post test, observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data berupa uji validitas dan reliabilitas, nilai rata-rata kelas eksperimen, dan uji t. Hasil Penelitian: Hasil ini menunjukkan peningkatan dari pre test ke post test. Perolehan nilai sebelum diberi treatment (Pretest) diperoleh nilai terendah sebesar 21, dan nilai tertinggi sebesar 36. Sedangkan setelah diberi treatment (Post test) nilai terendah sebesar 27, dan nilai tertinggi sebesar 40. Adapun hasil dari Uji-t, diperoleh hasil perhitungan Ujit diperoleh nilai t-hitung 5,04 sedangkan t-table 2,94 . Jadi t-hitung lebih besar dari tjadwal, maka terdapat pengaruh disini.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35662
      Collections
      • Department of Arabic Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV