PENERAPAN BERMAIN GAMBAR TEMATIK DALAM MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL QUDWAH POGUNG YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018 – 2019
Abstract
Latar Belakang: Berdasarkan hasil observasi di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al
Qudwah Pogung Yogyakarta 2018-2019, Masih ditemukan guru yang menggunakan metode
ceramah, dalam penyampaian materi kepada siswa, sehingga hal ini dapat dikatakan masih
kurang efektif dan efisien bagi siswa. Dan pengaruhnya diantaranya siswa menjadi sulit
memahami materi dari guru dan menjadi bosan, karena guru yang menggunakan metode
ceramah dianggap monoton dalam kelas ketika proses pembelajaran. Maka dalam hal ini,
metode bermain gambar tematik merupakan salah satu metode alternatif yang dapat
digunakan oleh guru bahasa Arab Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al Qudwah Pogung
Yogyakarta agar kegiatan dalam kelas dapat berkembang dan siswa dapat memahami
penyampaian materi dengan baik.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penambahan mufradat
dengan menggunakan metode bermain gambar tematik pada siswa kelas B1 di Taman Kanakkanak Islam Terpadu Al Qudwah Pogung Yogyakarta 2018-2019. 2) Untuk menguji
seberapa berpengaruh penerapan metode bermain gambar tematik dalam meningkatkan kosa
kata bahasa Arab Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al Qudwah Pogung Yogyakarta 2018-
2019.
Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen
one grup pretest postest design. Sampel dalam penelitian ini adalah 16 siswa kelas B1.
Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar berupa pre test dan post
test, observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data berupa uji validitas
dan reliabilitas, nilai rata-rata kelas eksperimen, dan uji t.
Hasil Penelitian: Hasil ini menunjukkan peningkatan dari pre test ke post test. Perolehan
nilai sebelum diberi treatment (Pretest) diperoleh nilai terendah sebesar 21, dan nilai
tertinggi sebesar 36. Sedangkan setelah diberi treatment (Post test) nilai terendah sebesar
27, dan nilai tertinggi sebesar 40. Adapun hasil dari Uji-t, diperoleh hasil perhitungan Ujit diperoleh nilai t-hitung 5,04 sedangkan t-table 2,94 . Jadi t-hitung lebih besar dari tjadwal, maka terdapat pengaruh disini.