PENYULUHAN MEDIA LITERASI: PERAN GURU MENGHADAPI PENGARUH NEGATIF TV TERHADAP ANAK
Abstract
Pengabdian dilaksanakan di TK ‘Aisyiyah Bustanul Atfal (ABA) di kecamatan Ngampilan Yogyakarta. Pengabdian mengambil judul “Penyuluhan Media Literasi: Peran Guru Mengjadapi Pengaruh Negative TV terhadap Anak (UsiaTK)”.
Hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa banyak guru-guru yang kurang aware terhadap pengaruh negative TV terhadap anak-anak. Masih banyak yang menganggap bahwa penontonan acara TV oleh anak-anak adalah hal yang wajar.
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa setelah dilakukan media literasi, guru-guru menjadi paham akan pengaruh negative TV dan akan menerapkan media literasi tersebut pada anak-anak didiknya sehingga mereka terhindar dari hal-hal buruk akibat penontonan TV. Guru-guru TK Aisyiyah tersebut berharap agar penyuluhan media literasi yang dilakukan ini akan menjadi agenda yang rutin dilaksanakan mengingat pentingnya penyuluhan ini.