KAJIAN MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP BERAS ORGANIK
Abstract
Keputusan konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi suatu barang
dipengaruhi oleh faktor strategi pemasaran, faktor lingkungan tempat tinggal
konsumen, dan perbedaan individu. Kesadaran dan preferensi
konsumen terhadap pangan sehat mengakibatkan semakin meningkatnya
konsumsi pangan organik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik barang yang
menentukan kualitas beras organik, mengkaji persepsi konsumen terhadap produk
pertanian organik, menjelaskan pengaruh kualitas dan persepsi konsumen
terhadap minat beli konsumen beras organik.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik eksperimen terhadap 120 orang
responden. Untuk mengidentifikasi karakteristik beras organik yang menentukan
kualitas dan persepsi konsumen dilakukan analisis tabel, untuk menjelaskan
pengaruh persepsi konsumen terhadap minat beli konsumen dilakukan analisis
regresi logit binomial.
Konsumen beras organik berasal dari berbagai kelompok masyarakat, namun
mayoritas berasal dari konsumen berpendapatan tetap, berpendidikan cukup
tinggi, dan ukuran keluarga yang kecil. Konsumen memberikan penilaian terhadap
kualitas tampilan dan kualitas hasil tanakan beras organik dalam katagori sedang.
Dengan demikian, beras organik tidak termasuk dalam katagori beras
kualitas premium. Konsumen beras organik mempunyai kepedulian terhadap
keluarga yang tinggi, mempunyai persepsi terhadap tingkat kemurnian yang
tinggi, dan mempunyai kepedulian terhadap kesehatan lingkungan pertanian yang
tinggi. Namun, konsumen masih mempunyai persepsi terhadap praktek pertanian
organik yang dalam katagori sedang. Hasil pertanian organik masih dipersepsikan
sebagai produk yang mempunyai harga yang mahal. Minat beli konsumen
terhadap beras organik akan meningkat apabila terjadi peningkatan terhadap
kepedulian konsumen terhadap keluarga, persepsi terhadap tingkat kemurnian,
kepedulian terhadap kesehatan lingkungan pertanian, dan persepsi terhadap
praktek pertanian organik.