View Item 
      •   UMY Repository
      • 07. RESEARCH CENTER
      • Learning Center's Research
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 07. RESEARCH CENTER
      • Learning Center's Research
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KAJIAN MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP BERAS ORGANIK

      Thumbnail
      View/Open
      LaporanUnggulanProdi Widodo.pdf (219.7Kb)
      Date
      2015
      Author
      WIDODO, WIDODO
      KAMARDIANI, DIAH RINA
      RAHAYU, LESTARI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Keputusan konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi suatu barang dipengaruhi oleh faktor strategi pemasaran, faktor lingkungan tempat tinggal konsumen, dan perbedaan individu. Kesadaran dan preferensi konsumen terhadap pangan sehat mengakibatkan semakin meningkatnya konsumsi pangan organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik barang yang menentukan kualitas beras organik, mengkaji persepsi konsumen terhadap produk pertanian organik, menjelaskan pengaruh kualitas dan persepsi konsumen terhadap minat beli konsumen beras organik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik eksperimen terhadap 120 orang responden. Untuk mengidentifikasi karakteristik beras organik yang menentukan kualitas dan persepsi konsumen dilakukan analisis tabel, untuk menjelaskan pengaruh persepsi konsumen terhadap minat beli konsumen dilakukan analisis regresi logit binomial. Konsumen beras organik berasal dari berbagai kelompok masyarakat, namun mayoritas berasal dari konsumen berpendapatan tetap, berpendidikan cukup tinggi, dan ukuran keluarga yang kecil. Konsumen memberikan penilaian terhadap kualitas tampilan dan kualitas hasil tanakan beras organik dalam katagori sedang. Dengan demikian, beras organik tidak termasuk dalam katagori beras kualitas premium. Konsumen beras organik mempunyai kepedulian terhadap keluarga yang tinggi, mempunyai persepsi terhadap tingkat kemurnian yang tinggi, dan mempunyai kepedulian terhadap kesehatan lingkungan pertanian yang tinggi. Namun, konsumen masih mempunyai persepsi terhadap praktek pertanian organik yang dalam katagori sedang. Hasil pertanian organik masih dipersepsikan sebagai produk yang mempunyai harga yang mahal. Minat beli konsumen terhadap beras organik akan meningkat apabila terjadi peningkatan terhadap kepedulian konsumen terhadap keluarga, persepsi terhadap tingkat kemurnian, kepedulian terhadap kesehatan lingkungan pertanian, dan persepsi terhadap praktek pertanian organik.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/4497
      Collections
      • Learning Center's Research

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV