STUDI KRITIS KONSEP ETIKA MURID TERHADAP GURU PERSPEKTIF AZ-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LĪM AL-MUTA’ALLIM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep etika murid terhadap guru perspektif az-Zarnuji dan mengkaji secara kritis terkait konsep etika murid perspektif az-Zarnuji. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer yang digunakan adalah kitab Ta’līm al-Muta’allim, sedangkan sumber data sekunder adalah Pemikiran Pendidikan Islam. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: (1) etika murid terhadap guru menurut az-Zarnuji meliputi; a) etika berbicara, b) etika bertamu, c) etika duduk, d) etika mendengar. (2) terdapat tiga etika (etika berbicara, etika mendengar dan etika duduk) yang masih relevan dan dapat diaplikasikan akan tetapi dengan catatan tidak dapat diaplikasikan secara tekstual dan dimaknai secara general. Apabila ketiga etika murid ini dimaknai secara tekstual dan general maka akan memberikan dampak negatif kepada siswa berupa sikap pasif dan menyebabkan siswa sedikit berpikir sehingga dapat menghambat sistem pembelajaran siswa aktif. Adapun etika bertamu tidak relevan dan tidak dapat diaplikasikan. Hal ini disebabkan tidak adanya persamaan antara etika bertamu menurut az-Zarnuji dengan etika bertamu yang terdapat dalam QS. an-Nūr ayat 27-28.