Show simple item record

dc.contributor.advisorS, SYAMSUDIN
dc.contributor.authorNOVITA, ASTRIED DIAN
dc.date.accessioned2016-10-27T04:14:26Z
dc.date.available2016-10-27T04:14:26Z
dc.date.issued2016-08-31
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5407
dc.descriptionDalam dunia pendidikan sekarang ini hanya mementingkan Kecerdasan Intelektual(IQ). Menurut penelitian bahwa IQ bukanlah merupakan salah satu faktor yang mempunyaipengaruh besar terhadap prestasi belajar, melainkan ada beberapa faktor yang mempengaruhisalah satunya ialah kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakahada hubungan mengenai kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada mata pelajaranakhlak di SMP Muhammadiyah Purworejo.Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri,mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dankemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Sedangkan prestasibelajar adalah hasil belajar dari suatu aktivitas belajar yang dilakukan berdasarkan pengukuran dan penilaian terhadap hasil kegiatan belajar dalam bidang akademik yang diwujudkan berupa angka-angka pada nilai akhlak.Bila siswa memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, maka akan meningkatkan prestasibelajar yang menyatakan bahwa kecerdasan emosional berhubungan dengan prestasi belajarmata pelajaran akhlak pada siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Purworejo yang diajukan dalam penelitian ini menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional sedangkanprestasibelajarsebagai variable terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Purworejo yang seluruhnya berjumlah 180 orang. Sampel penelitian berjumlah 66 orang, dengan menggunakan metode proporsional random sampling.Dalam pengumpulan data digunakan metode skala untuk kecerdasan emosional berdasarkan teori Daniel Goleman yang terdiri dari mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain; dan untuk mengukur prestasi belajar siswa. Hasil analisis data penelitian dalam pengujian dengan menggunakan korelasi product moment menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akhlak siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo. Signifikansi tersebut dapat dilihat dari besarnya nilai taraf signifikan sisebesar 0,021 atau diatas 0,05. Hal ini berarti kecerdasan emosional mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran akhlak sisw akelas VII SMP MuhammadiyahPurworejo.en_US
dc.description.abstractEducation nowadays mostly emphasize on in intellectual quotient( IQ).Research has found that IQ is not the only factor to hightly influence the achievement, thereare many other factors in with is emotional quotient with learning achievement to moral subject at Muhammadiyah Junior High School Purworejo. Emotional quotient is one’s ability to know emotion, manage emotion, self- motivate, recognize other’s emotioan ( empathy), and to manage relathionsship with others (cooperate). Learning achevement is the result of learning activities assessed academically in a from of value morals. If the students had high emotional quotient was related to the learning achievement of moral subject at students grade VII at Muhammadiyah Purworejo proposed in this study showed that Ha was accepted and Ho was rejected. The free variabel in this research was emotional quotient while learning achievement was the bound variable. The Population in this research was 180 students grade VII at Muhammadiyah Junior High School Purworejo.The sample of this research was 66 students which was collected by using proportional random sampling. The data was collected with the scale of emotional quotient based of Daniel Goleman’s theory consisting of knowing emotion, manage emotion, self- motivate, recognize other’s emotioan ( empathy), and to manage relathionsship with others (cooperate) with other’s and to assess student learning achievement. The data in this research analyzed by using product moment correlation showed that there was a significant relaion between emotional quotient and students grade VII learning achievement in moral subject at Muhammadiyah Purworejo.The significance score was seen from the significant value tht was 0,021 or above 0,05. This meant that emotional quotient was significantly contributive to improve students grade VII learning achievement in moral subject at Muhammadiyah Junior High School Purworejo.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectEmotional Quotient, learning achievement in moral, moral subject. Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akhlaken_US
dc.titleHUBUNGANKECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJARPADA MATA PELAJARAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH PURWOREJOen_US
dc.typeThesis SKR FAI 255en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record