dc.contributor.advisor | NANO PRAWOTO | |
dc.contributor.author | FAROBY, AHMAD | |
dc.date.accessioned | 2016-11-15T07:21:34Z | |
dc.date.available | 2016-11-15T07:21:34Z | |
dc.date.issued | 2016-10 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/6394 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mendapat bukti empiris tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi kinerja ukm dan strategi. Sampel pada penelitian ini adalah 150
pemilik UKM Kabupaten Bantul yang bergerak di sektor manufaktur yang
terdaftar di dinas perindustrian, perdagangan dan koperasi Kabupaten Bantul
Tahun 2015. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode nonrandom
sampling dan dipilih secara purposive. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap
analisis. Tahap pertama menggunakan analisis regresi linier berganda, yang
menganalisis pengaruh modal usaha, karakteristik wirausaha dan teknologi
informasi terhadap kinerja UKM. Tahap kedua menganalisis menggunakan
analisis SWOT untuk menentukan pengembangan UKM di Kabupaten Bantul.
Hasil penelitian pada model penelitian tahap pertama dijelaskan, modal
usaha, karakteristik wirausaha dan teknologi informasi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja UKM. Untuk model penelitian tahap kedua dijelaskan,
ada dua pendekatan yaitu demand pull strategy dan supply push strategy,
mempunyai peranan yang penting untuk mengembangkan UKM. Saran untuk
penelitian selanjutnya yaitu untuk menggunakan sampel yang lebih luas, data
yang terbaru dan menambah variabel-variabel lain. | en_US |
dc.description.abstract | The purpose of this study was to obtain empirical evidence of factors that
influence medium small enterprises performances and strategies. The study has
150 owners of medium small enterprise of manufacture as the sample, which the
SME listed at Department of Industry, Trade, and Cooperation of Bantul Regency
on 2015. The study applied nonrandom sampling technique and the sample were
purposively taken. The study was performing two stage of analysis. First step was
using multiple regression analysis to examine the effect of capital business,
entrepreneur characteristic and information technology toward small medium
enterprise performance. The second step was to examine using SWOT analysis to
decide the strategies on developing the enterprises.
The result of the first model study showed that capital business,
entrepreneur characteristic and information technology do have positive and
significant effect on small-medium enterprises performance. The second model
study which using demang pull strategy and supply push strategy, showed that it
has significant role on developing the enterprise. The next study should use wider
sample with updated data and add some other variables. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | MODAL USAHA | en_US |
dc.subject | KARAKTERISTIK WIRAUSAHA | en_US |
dc.subject | TEKNOLOGI INFORMASI | en_US |
dc.subject | KINERJA USAHA KECIL MENENGAH | en_US |
dc.title | FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA UKM DAN STRATEGI PENGEMBANGANNYA (STUDI EMPIRIS PADA USAHA KECIL MENENGAH MANUFAKTUR DI KABUPATEN BANTUL) | en_US |
dc.title.alternative | FACTORS THAT INFLUENCE SMALL MEDIUM ENTERPRISES PERFORMANCE AND ITS DEVELOPMENT STRATEGY (EMPIRICAL STUDY OF SMALL MEDIUM ENTERPRISES OF MANUFACTURE AT BANTUL REGENCY) | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FE
415 | en_US |