View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH VARIASI ROLLER 8 GRAM, 9 GRAM, 10 GRAM, 11 GRAM, DAN 12 GRAM MENGGUNAKAN PEGAS CVT 1500 RPM TERHADAP KINERJA MOTOR HONDA SCOOPY 108 CC

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (52.75Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (265.8Kb)
      HALAMAN PERNYATAAN (85.03Kb)
      MOTTO (105.7Kb)
      KATA PENGANTAR (259.1Kb)
      ABSTRAK (86.43Kb)
      DAFTAR ISI (192.1Kb)
      DAFTAR GAMBAR (180.6Kb)
      DAFTAR LAMPIRAN (83.81Kb)
      DAFTAR TABEL (176.5Kb)
      BAB I (92.87Kb)
      BAB II (837.9Kb)
      BAB III (898.9Kb)
      BAB IV (717.3Kb)
      BAB V (88.61Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (187.0Kb)
      LAMPIRAN (83.92Kb)
      LAMPIRAN 1 (656.0Kb)
      LAMPIRAN 2 (626.8Kb)
      LAMPIRAN 3 (640.4Kb)
      LAMPIRAN 4 (617.9Kb)
      LAMPIRAN 5 (631.8Kb)
      LAMPIRAN 6 (616.0Kb)
      Date
      2016-11
      Author
      ARDIANSYAH, FIKRI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Modifikasi bidang otomotif akhir-akhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dan beragam, hampir semua sistem dalam teknologi otomotif mengalami sentuhan modifikasi. Dewasa ini banyak produsen motor yang mengeluarkan motor jenis matik/ bertransmisi otomatis. Sepeda motor dengan sistem transmisi otomatis CVT (countinously variable transmission) dapat memberikan perubahan kecepatan dan perubahan torsi dari mesin ke roda belakang secara otomatis. Banyak orang mulai memodifikasi motor matik diantaranya dengan melakukan penggantian roller dan pegas CVT (countinously variable transmission) untuk mendapatkan akselerasi serta kinerja mesin yang lebih maksimal. Tetapi melakukan penggantian roller dan pegas CVT yang tidak sesuai akan menyebabkan kinerja motor kurang maksimal. Maka dalam hal ini perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh variasi roller 8 gram, 9 gram, 10 gram, 11 gram, dan 12 gram dengan menggunakan pegas CVT 1500 rpm terhadap kinerja motor Honda Scoopy. Pada penelitian ini diambil data torsi, daya, dan akselerasi antara kondisi roller standar, roller 8 gram, roller 9 gram, roller 10 gram, roller 11 gram, dan roller 12 gram. Pengambilan data daya dan torsi mengunakan metode throttle spontan.tahapan dalam throttle spontan ini pertama-tama mesin dihidupkan, kemudian throttle ditahan pada 3000 rpm setelah stabil pada 3000 rpm baru throttle diputar secara sponta sampai maksimal. Hasil pengujian yang didapat dari alat dynotest ini adalah daya dan torsi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa roller 8 gram dengan pegas CVT 1500 rpm menghasilkan daya tertinggi dari pada roller standar, 9 gram, 10 gram, 11 gram, dan 12 gram. Sedangkan roller 10 gram dengan pegas CVT 1500 rpm mengahasilkan torsi tertinggi dibandingkan roller standar, 8 gram, 9 gram, 11 gram, dan 12 gram. Hal tersebut disebabkan karena roller 8 gram lebih cepat terlempar dan menekan movable drive face, sedangkan roller 10 gram akan terlempar dan menekan movable drive face secara bersamaan. Akselerasi torsi tercepat diperoleh oleh roller standar (12 gram) mengunakan pegas CVT standar (800 rpm), dengan waktu 0,12 detik mencapai torsi tertinggi sebesar 14,44 N.m. Akselerasi daya tercepat diperoleh oleh roller 11 gram mengunakan pegas CVT 1500 rpm, dengan waktu 0,14 detik mencapai daya tertinggi sebesar 7,9 Hp.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/6510
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV