View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH KOMBINASI ROLLER 8 GRAM DENGAN 10 GRAM DAN ROLLER 11 GRAM DENGAN 12 GRAM MENGGUNAKAN PEGAS CVT 1500 RPM TERHADAP KINERJA MOTOR HONDA SCOOPY 108 CC

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (52.58Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (286.9Kb)
      HALAMAN PERNYATAAN (84.69Kb)
      HALAMAN PERSEMBAHAN (96.34Kb)
      KATA PENGANTAR (259.1Kb)
      MOTTO (105.8Kb)
      INTISARI (182.2Kb)
      DAFTAR ISI (190.7Kb)
      DAFTAR LAMPIRAN (82.25Kb)
      DAFTAR GAMBAR (181.4Kb)
      DAFTAR TABEL (175.8Kb)
      BAB I (96.65Kb)
      BAB II (875.2Kb)
      BAB III (1005.Kb)
      BAB IV (540.1Kb)
      BAB V (182.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (187.1Kb)
      LAMPIRAN (2.032Mb)
      Date
      2016-11
      Author
      SATRIAWAN, GALUH YUDHA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Perkembangan otomotif saat ini sangat pesat, berbagai teknologi dikembangkan untuk meningkatkan kinerja serta efisiensi motor diantaranya adalah sepeda motor dengan transmisi otomatis CVT (Countinously Variable Transmission). Kelebihan sistem CVT (Countinously Variable Transmission) dapat memberikan perubahan kecepatan dan perubahan torsi dari mesin ke roda belakang secara otomatis. Dalam transmisi otomatis ini terdapat 6 buah roller pemberat yang berfungsi untuk memberikan tekanan pada puli penggerak primer sehingga memungkinkan untuk menekan v-belt dan mengubah diameter v-belt menjadi lebih besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa mesin (torsi, daya, dan akselerasi) dengan menggunakan kombinasi roller dan menggunakan pegas 1500 rpm pada motor Honda Scoopy 108 cc. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak penggunaan roller standar dan roller telah dikombinasikan terhadap torsi, daya, dan akselerasi pada motor honda scoopy 108 cc. Setelah dilakukan penggantian roller dan pegas CVT diharapkan dapat meningkatkan kinerja motor matik honda scoopy 108 cc. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen serta dilakukan pada kecepatan putar (rpm) berubah, yaitu dengan menyalakan mesin dan menahan throttle pada rpm 3000 setelah stabil pada 3000 rpm kemudian throttle diputar secara spontan hingga 9000 rpm. Dari hasil penelitian didapat bahwa roller campuran 8 gram dengan 10 gram memiliki daya dan torsi tertinggi yaitu 8,1 (Hp) pada putaran mesin 4226 (rpm) dan torsi 14,8 (N.m) pada putaran mesin 3633 (rpm). Pada roller standar (12 gram) menghasilkan daya 7,9 (Hp) pada putaran mesin 4661 (rpm) dan torsi 13,72 (N.m) pada putaran mesin 3702 (rpm). Sedangkan pada roller campuran 11 gram dengan 12 gram menghasilkan daya 7,7 (Hp) pada putaran mesin 4574 (rpm) dan torsi 13,84 (N.m) pada putaran mesin 3775 (rpm). Dari perbandingan Δt dengan torsi didapat torsi tertinggi oleh roller campuran 8 gram dengan 10 gram dengan perubahan waktu 0,14 detik dan waktu tercepat didapat oleh roller standar dengan perubahan waktu 0,06 detik.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/6515
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV