Show simple item record

dc.contributor.authorSATRIAWAN, GALUH YUDHA
dc.date.accessioned2016-11-25T03:29:48Z
dc.date.available2016-11-25T03:29:48Z
dc.date.issued2016-11
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/6515
dc.descriptionPerkembangan otomotif saat ini sangat pesat, berbagai teknologi dikembangkan untuk meningkatkan kinerja serta efisiensi motor diantaranya adalah sepeda motor dengan transmisi otomatis CVT (Countinously Variable Transmission). Kelebihan sistem CVT (Countinously Variable Transmission) dapat memberikan perubahan kecepatan dan perubahan torsi dari mesin ke roda belakang secara otomatis. Dalam transmisi otomatis ini terdapat 6 buah roller pemberat yang berfungsi untuk memberikan tekanan pada puli penggerak primer sehingga memungkinkan untuk menekan v-belt dan mengubah diameter v-belt menjadi lebih besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa mesin (torsi, daya, dan akselerasi) dengan menggunakan kombinasi roller dan menggunakan pegas 1500 rpm pada motor Honda Scoopy 108 cc. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak penggunaan roller standar dan roller telah dikombinasikan terhadap torsi, daya, dan akselerasi pada motor honda scoopy 108 cc. Setelah dilakukan penggantian roller dan pegas CVT diharapkan dapat meningkatkan kinerja motor matik honda scoopy 108 cc. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen serta dilakukan pada kecepatan putar (rpm) berubah, yaitu dengan menyalakan mesin dan menahan throttle pada rpm 3000 setelah stabil pada 3000 rpm kemudian throttle diputar secara spontan hingga 9000 rpm. Dari hasil penelitian didapat bahwa roller campuran 8 gram dengan 10 gram memiliki daya dan torsi tertinggi yaitu 8,1 (Hp) pada putaran mesin 4226 (rpm) dan torsi 14,8 (N.m) pada putaran mesin 3633 (rpm). Pada roller standar (12 gram) menghasilkan daya 7,9 (Hp) pada putaran mesin 4661 (rpm) dan torsi 13,72 (N.m) pada putaran mesin 3702 (rpm). Sedangkan pada roller campuran 11 gram dengan 12 gram menghasilkan daya 7,7 (Hp) pada putaran mesin 4574 (rpm) dan torsi 13,84 (N.m) pada putaran mesin 3775 (rpm). Dari perbandingan Δt dengan torsi didapat torsi tertinggi oleh roller campuran 8 gram dengan 10 gram dengan perubahan waktu 0,14 detik dan waktu tercepat didapat oleh roller standar dengan perubahan waktu 0,06 detik.en_US
dc.description.abstractPerkembangan otomotif saat ini sangat pesat, berbagai teknologi dikembangkan untuk meningkatkan kinerja serta efisiensi motor diantaranya adalah sepeda motor dengan transmisi otomatis CVT (Countinously Variable Transmission). Kelebihan sistem CVT (Countinously Variable Transmission) dapat memberikan perubahan kecepatan dan perubahan torsi dari mesin ke roda belakang secara otomatis. Dalam transmisi otomatis ini terdapat 6 buah roller pemberat yang berfungsi untuk memberikan tekanan pada puli penggerak primer sehingga memungkinkan untuk menekan v-belt dan mengubah diameter v-belt menjadi lebih besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa mesin (torsi, daya, dan akselerasi) dengan menggunakan kombinasi roller dan menggunakan pegas 1500 rpm pada motor Honda Scoopy 108 cc. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak penggunaan roller standar dan roller telah dikombinasikan terhadap torsi, daya, dan akselerasi pada motor honda scoopy 108 cc. Setelah dilakukan penggantian roller dan pegas CVT diharapkan dapat meningkatkan kinerja motor matik honda scoopy 108 cc. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen serta dilakukan pada kecepatan putar (rpm) berubah, yaitu dengan menyalakan mesin dan menahan throttle pada rpm 3000 setelah stabil pada 3000 rpm kemudian throttle diputar secara spontan hingga 9000 rpm. Dari hasil penelitian didapat bahwa roller campuran 8 gram dengan 10 gram memiliki daya dan torsi tertinggi yaitu 8,1 (Hp) pada putaran mesin 4226 (rpm) dan torsi 14,8 (N.m) pada putaran mesin 3633 (rpm). Pada roller standar (12 gram) menghasilkan daya 7,9 (Hp) pada putaran mesin 4661 (rpm) dan torsi 13,72 (N.m) pada putaran mesin 3702 (rpm). Sedangkan pada roller campuran 11 gram dengan 12 gram menghasilkan daya 7,7 (Hp) pada putaran mesin 4574 (rpm) dan torsi 13,84 (N.m) pada putaran mesin 3775 (rpm). Dari perbandingan Δt dengan torsi didapat torsi tertinggi oleh roller campuran 8 gram dengan 10 gram dengan perubahan waktu 0,14 detik dan waktu tercepat didapat oleh roller standar dengan perubahan waktu 0,06 detik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectKOMBINASI ROLLERen_US
dc.subjectPEGAS CVTen_US
dc.subjectDAYAen_US
dc.subjectTORSIen_US
dc.titlePENGARUH KOMBINASI ROLLER 8 GRAM DENGAN 10 GRAM DAN ROLLER 11 GRAM DENGAN 12 GRAM MENGGUNAKAN PEGAS CVT 1500 RPM TERHADAP KINERJA MOTOR HONDA SCOOPY 108 CCen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record