View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS KONDISI KERUSAKAN JALAN PADA LAPIS PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (Studi Kasus : Ruas Jalan Goa Selarong, Guwosari, Bantul Yogyakarta)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (8.720Kb)
      HALAMAN JUDUL (267.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (181.6Kb)
      ABSTRACT (17.88Kb)
      BAB I (28.25Kb)
      BAB II (136.3Kb)
      BAB III (508.5Kb)
      BAB IV (104.5Kb)
      BAB V (345.7Kb)
      BAB VI (18.98Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (16.32Kb)
      LAMPIRAN (2.581Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (230.0Kb)
      Date
      2016-08-30
      Author
      HARDIATMAN, DEDEN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Dengan meningkatnya arus lalu lintas, ternyata memberikan pengaruh dan dampak yang merugikan bagi kemampuan pelayanan struktur jalan. Bahkan kemungkinan dengan adanya kondisi lalu lintas seperti saat ini, struktur jalan akan cepat rusak. Kondisi ini juga mempengaruhi kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengguna jalan. Untuk menentukan apakah kondisi perkerasan jalan masih baik atau rusak, maka perlu diketahui kondisi fungsional permukaan jalan yang mengacu pada kondisi dan kerusakan di permukaan jalan yang terjadi dan perlunya pemeliharaan jalan, yang meliputi perawatan dan rehabilitasi untuk menjaga kondisi permukaan jalan mencapai umur rencana. Penelitian terhadap kondisi permukaan jalan tersebut dengan menggunakan metode Pavement Conditional Index (PCI) yaitu dengan melakukan survei secara visual dengan cara melihat dan menganalisis kerusakan tersebut berdasarkan jenis, tingkat kerusakaannya serta kuantitas kerusakan untuk digunakan sebagai dasar dalam melakukan kegiatan pemeliharaan dan perbaikan. Cara menganalisanya dengan membagi ruas jalan dalam sampel satu segmen setiap 100 m, menghitung densitas, mencari deduct value pada grafik lalu menghitung Pavement Condition Index (PCI) yang bersumber pada Manual Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan Lokal. Metode Perbaikan Standar Badan Penerbit Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta. Sedangkan penanganan kerusakan bersumber pada Bina Marga. Berdasarkan hasil pembahasan pada pengamatan visual sebagai dasar evaluasi pada penanganan kerusakan ruas jalan Goa Selarong km 0+000 – km 4+000 Jenis-jenis kerusakan dan persentase kerusakan pada ruas jalan Goa Selarong antara lain : Retak Buaya 1,891%, Retak Kotak-kotak 0,037%, Cekungan 0,008%, Amblas 0,025%, Retak Pinggir 0,668%, Retak Pinggir Turun Jalan Vertikal 0,071%, Retak Memanjang/Melintang 0,025%, Tambalan 0,248%, Pengausan Agregat 0,241%, Lubang 0,017%, Patah Slip 0,074%, dan Pelepasan Butir 0,579% dengan nilai rata-rata Pavement Condition Index (PCI) diperoleh sebesar 83,95% berarti termasuk pada kondisi sangat baik (very good), maka penanganan kerusakan diutamakan pada segmen jalan yang mempunyai PCI paling rendah dahulu. Dengan melihat kondisi pada ruas jalan tersebut, maka pemeliharaan jalan perlu ditingkatkan agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik terhadap pemakai jalan dan tingkat keselamatan yang tinggi untuk pengguna jalan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7178
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV