View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH JUMLAH PEMADATAN TERHADAP PARAMETER UJI MARSHALL PADA CAMPURAN ASPHALT TREATED BASE (ATB) MENURUT SPESIFIKASI BINA MARGA 2010 REV-2

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (82.48Kb)
      HALAMAN JUDUL (82.63Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (333.4Kb)
      ABSTRACT (7.830Kb)
      BAB I (197.1Kb)
      BAB II (311.8Kb)
      BAB III (301.3Kb)
      BAB IV (131.5Kb)
      BAB V (416.1Kb)
      BAB VI (90.13Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (83.11Kb)
      LAMPIRAN (498.2Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (365.2Kb)
      Date
      2016-08-30
      Author
      FEBRIAN, ANGGA RAMDHANI KHOIRUL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Transportasi darat masih menjadi andalan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mobilitas, terutama untuk jarak pendek sampai menengah. Hal ini mengakibatkan kebutuhan akan prasarana transportasi darat terutama jaringan jalan senantiasa meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah kendaraan. Peningkatan kebutuhan ini harus diimbangi dengan peningkatan performa perkerasan jalan agar jalan yang dibangun kuat dan mampu memenuhi umur layanannya. Dalam pelaksanaan perkerasaan jalan raya pemadatan aspal dan jumlah tumbukan sangat berpengaruh terhadap karakteristik lapisan aspal. Salah satu jenis campuran panas yang digunakan adalah Asphalt Treated Base (ATB) yang terdiri dari agregat, bahan pengisi dan bitumen dengan proporsi campuran yang telah ditentukan. Pemadatan sangat mempengaruhi kekuatan campuran aspal terutama dari nilai-nilai parameter uji Marshall, yaitu stabilitas dan flow (kelelehan). Pada penelitian ini menggunakan variasi pemadatan dengan 2x25, 2x50, 2x75, 2x100 untuk menganalisis jumlah tumbukan efektif. Campuran panas pada penelitian ini digunakan campuran Asphalt Treated Base (ATB). Dari pengujian Marshall diperoleh data yang akan dijadikan sebagai dasar perhitungan yakni VMA, VIM, VFA, stabilitas dan flow. Nilai stabilitas dan flow didapatkan dari pengujian menggunakan uji Marshall, sedangkan VMA, VIM serta VFA ditentukan melalui penimbangan benda uji dan perhitungan (berat kering, berat kering permukaan dan berat dalam air). Berdasarkan hasil pengujian Marshall secara keseluruhan, maka parameter Marshall pada campuran Asphalt Treated Base (ATB) ini memperoleh jumlah tumbukan yang optimum yaitu pada tumbukan 2 x 75 kali. Jumlah tumbukan 2x75 lebih disarankan. Pada 2x50 tumbukan nilai stabilitas rendah karena agregat masih belum terlalu rapat dan flow yang tidak memenuhi spesifikasi karena campuran yang belum terlalu padat, sehingga campuran rentan terhadap sifat plastis dan mudah berubah bentuk apabila mendapatkan beban lalu lintas. Sedangkan tumbukan 2x100 nilai stabilitas tinggi dan nilai VFA lebih tinggi yang akan mengakibatkan lapis keras mudah mengalami bleeding.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7226
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV