Show simple item record

dc.contributor.advisorROMDZATI, ROMDZATI
dc.contributor.authorSARI, EVI NOVITA
dc.date.accessioned2016-12-20T06:05:45Z
dc.date.available2016-12-20T06:05:45Z
dc.date.issued2016-08-27
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7340
dc.descriptionTerapi audio dengan murottal dapat digunakan sebagai alternatif terapi pendamping pada anak autis sesuai dengan teori yang telah ada bahwa suara dapat mengontrol seluruh tubuh, mengatur organ vital, dan koordinasi gerakan-gerakan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh terapi murottal Al-Mulk terhadap kualitas tingkah laku anak autis. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperiment dengan desain pre-post tes dalam satu kelompok (One group pra-post design). Sample penelitian terdiri dari 12 siswa autis yang bersekolah di SLB Negeri 01 Bantul Yogyakarta. Dengan terapi murottal Al-Mulk selama 10 kali dan dilakukan sehari 1 kali terapi dengan durasi selama 09 menit 45 detik. Penilaian kualitas tingkah laku diukur dengan kuesioner Autism Treatment Evaluation Checklist (ATEC).Data dianalisis dengan Simple Paired T Test. Hasil penelitian : Tingkah laku anak autis dengan terapi murottal Al-Mulk sebanyak 2-3 kali mengalami penurunan dari 18,87 menjadi 17,75. Distribusi frekuensi terapi 4-10 kali memiliki skor ATEC dari 41,75 sampai 36,00. Skor ATEC menunjukkan penurunan skor ATEC pada anak autis yang tidak bermakna dengan nilai pre test 26,50 std.deviation -,24 dan mempunya nilai rerata post test 23,83 std.deviation 5,57 dan mempunyai nilai p= 0,069 (p < 0,05). Kesimpulan: Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terapi murottal surat Al-Mulk selama 10 hari memperbaiki kualitas tingkah laku pada anak autis secara tidak bermakna. Saran : Penelitian diperpanjang supaya bisa memberi pengaruh yang bermakna.en_US
dc.description.abstract: Therapy audio with murottal can be used as an alternative therapy companion in children autism according to the theory existing that it can control the whole body, set vital organ, and coordination movements . Purpose : This study aimed to determine the effect of therapy murottal Al-Mulk toward the quality of the behavior of children with autism. Method : This research uses the Method Pre-Eksperiment with the design Pre-Post Test in a group of (one group pra-post design). Sample research consisting of 12 students autism to school in SLB land 01 Bantul Yogyakarta .With therapy murottal Al-Mulk for 10 times and every day therapy with duration for 09 minutes 45 seconds. Quality assessments of behavior measured by the questionnaire Autism Treatment Evaluation Checklist (ATEC). Data analyzed by Simple Paired T Test. Results : Behavior autism children with therapy murottal Al-Mulk many as 2 until 3 times drop from 18.87 to 17.75. A frequency distribution therapy 4-10 times have a score ATEC of 41.75 until 36,00. A score ATEC showed that the decrease in a score ATEC on child autism that no meaning with the pre test 26.50 std. Deviation -,24 and value post test 23.83 std. Deviation 5.57 and it has value p= 0,069 (p< 0.05). Conclusion: The research can be concluded that therapy murottal a letter Al-Mulk for 10 days improving the quality of behavior on child autism in no meaning. Advice : Research extended to be able to make a difference meaningful.en_US
dc.publisherFKIK UMYen_US
dc.subjectTherapy murottal, Autism, ATEC. Terapi Murottal, Autis, ATEC.en_US
dc.titlePENGARUH TERAPI MUROTTAL SURAT AL-MULK TERHADAP KUALITAS TINGKAH LAKU ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 01 BANTUL YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR 358en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record