PENGARUH AWARENESS MENGENAI BRAND EVENT TERHADAP MINAT MENGUNJUNGI MALL LIPPO PLAZA JOGJA PADA REMAJA YOGYAKARTA
Abstract
Dengan adanya banyak mall di Yogyakarta persaingan untuk menarik konsumen semakin kuat, setiap mall berlomba untuk membuat strategi dan inovasi pemasaran perusahaan dengan harapan bisa menarik minat pengunjung sebanyak-banyaknya. Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Brand Awareness terhadap Minat Berkunjung remaja Yogyakarta ke Lippo Plaza Jogja. Penelitian ini mereplikasi modifikasi dari Oetardjo (2013) yang meneliti mengenai minat berkunjung pada WBL Lamongan. Selain itu, ada tiga jurnal pendukung yang dapat memperkuat penelitian ini.
Objek penelitian ini adalah remaja yang berada di Kota Yogyakarta. Jenis data yang digunakan adalah data primer, dan teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan terhadap 100 remaja yang ada di Kota Yogyakarta. Alat analisis yang digunnakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan software SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara awereness brand event terhadap minat berkunjung remaja kota Yogyakarta. Selain itu, hasil uji determinasi menjelaskan bahwa variabel awereness brand event menjelaskan variasi variabel minat berkunjung sebesar 30,1 % dan sebesar 69,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.