View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN METODE THINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVING (TAPPS) DALAM UPAYA PENINGKATAN KESADARAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN (SI) DI STIKES DARUL AZHAR BATULICIN

      Thumbnail
      View/Open
      BAB I (77.98Kb)
      BAB II (128.8Kb)
      BAB III (88.23Kb)
      BAB IV (234.3Kb)
      BAB V (29.64Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (41.74Kb)
      HALAMAN JUDUL (67.82Kb)
      LAMPIRAN (9.010Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (79.91Kb)
      Date
      2017-01-05
      Author
      UDIYANI, RITNA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Hasil belajar merupakan suatu kumpulan pencapaian mahasiswa selama dalam proses pembelajaran untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajarnya. Salah satu indikator keberhasilan belajar mahasiswa dapat terpenuhi adalah dari metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang dianggap mampu meningkatkan hasil belajar mahasiwa adalah Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan metode TAPPS dalam upaya peningkatan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain true experiment dengan rancangan pre and post test with control group design. Tehnik sampling dengan metode random sampling, jumlah sampel 45 orang pada mahasiswa semester empat, dibagi menjadi dua kelompok yaitu 22 kelompok perlakuan dan 23 kelompok kontrol. Instrumen penelitian menggunakan Multiple Choice Question untuk menilai hasil belajar mahasiswa. Hasil data dianalisis menggunakan paired t test, independent t test, one way anova dengan nilai signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar selama enam kali pembelajaran antara sebelum dan sesudah dilakukan TAPPS diperoleh nilai p value <0,05. Sedangkan hasil pengaruh peningkatan setelah dilakukan TAPPS diperoleh p value <0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh peningkatan hasil belajar setelah diterapkan metode thinking aloud pairs problem solving (TAPPS).
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7849
      Collections
      • Master of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV