Show simple item record

dc.contributor.advisorSUNDARI, SUNDARI
dc.contributor.advisorAFANDI, MOH
dc.contributor.authorUDIYANI, RITNA
dc.date.accessioned2017-01-05T02:23:06Z
dc.date.available2017-01-05T02:23:06Z
dc.date.issued2017-01-05
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7849
dc.description.abstractHasil belajar merupakan suatu kumpulan pencapaian mahasiswa selama dalam proses pembelajaran untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajarnya. Salah satu indikator keberhasilan belajar mahasiswa dapat terpenuhi adalah dari metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang dianggap mampu meningkatkan hasil belajar mahasiwa adalah Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan metode TAPPS dalam upaya peningkatan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain true experiment dengan rancangan pre and post test with control group design. Tehnik sampling dengan metode random sampling, jumlah sampel 45 orang pada mahasiswa semester empat, dibagi menjadi dua kelompok yaitu 22 kelompok perlakuan dan 23 kelompok kontrol. Instrumen penelitian menggunakan Multiple Choice Question untuk menilai hasil belajar mahasiswa. Hasil data dianalisis menggunakan paired t test, independent t test, one way anova dengan nilai signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar selama enam kali pembelajaran antara sebelum dan sesudah dilakukan TAPPS diperoleh nilai p value <0,05. Sedangkan hasil pengaruh peningkatan setelah dilakukan TAPPS diperoleh p value <0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh peningkatan hasil belajar setelah diterapkan metode thinking aloud pairs problem solving (TAPPS).en_US
dc.publisherMKEP UMYen_US
dc.subjectTHINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVINGen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePENERAPAN METODE THINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVING (TAPPS) DALAM UPAYA PENINGKATAN KESADARAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN (SI) DI STIKES DARUL AZHAR BATULICINen_US
dc.typeThesis MKEP 41 2016en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record