PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT MEMBACA, DAN BUDAYA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA AKUNTANSI PERGURUAN TINGGI DI DIY)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempertanyakan tentang pengaruh kecerdasan
emosional, minat membaca, dan budaya terhadap tingkat pemahaman akuntansi
dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi. Data penelitian diperoleh
dengan menyebarkan 250 kuisioner. Dan kuisioner yang dapat digunakan sebanyak
200. Sampel dalam penelitian dipilih dengan menggunakan metode purposive
sampling. Olahdata dalam penelitian diuji dengan menggunakan software SPSS.15.
Kriteria responden pada penelitian adalah mahasiswa akuntansi universitas di Daerah
Istimewa Yogyakarta. Sampel responden adalah mahasiswa akuntansi aktif
universitas di Daerah Istimewa Yogyakarta (UMY, UGM, UII, AA YKPN, dan STIE
YKPN).
Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan emosional, minat membaca
memiliki pengaruh positif signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi,
sedangkan budaya tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat
pemahaman akuntansi. Kepercayaan diri dapat memperkuat pengaruh kecerdasan
emosional, minat membaca, dan budaya terhadap tingkat pemahaman akuntansi