View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) WIROSABAN KOTA YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      HALAMAN JUDUL (33.13Kb)
      BAB I (142.0Kb)
      BAB II (461.2Kb)
      BAB III (365.7Kb)
      BAB IV (144.4Kb)
      BAB V (8.556Kb)
      LAMPIRAN (67.58Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (17.86Kb)
      Date
      2016-06-03
      Author
      RIFAI, MOHAMMD IRHAM
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang: Rumah sakit memegang peranan penting dalam pembangunan kesehatan masyarakat karena mencakup penanganan atas kesehatan masyarakat. Pada umumnya, pasien mengharapkan produk berupa barang atau jasa yang dikonsumsi dapat diterima dan dinikmatinya dengan pelayanan yang baik atau memuaskan. Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Diduga faktor kualitas pelayanan dan bauran pemasaran dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi. Tempat penelitian adalah di RSUD Wirosaban Kota Yogyakarta. Sampel penelitian berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan observasi. Analisis data penelitian yaitu analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil dan Pembahasan: Berdasarkan hasil uji regresi diperoleh bahwa nilai koefisien kualitas pelayanan adalah 0.498. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dengan nilai t hitung sebesar 5.543 dengan nilai sig sebesar 0.000. Berdasarkan hasil uji regresi diperoleh bahwa nilai koefisien bauran pemasaran adalah 0.265. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara bauran pemasaran terhadap kepuasan pasien dengan nilai t hitung sebesar 2.957 dengan nilai sig sebesar 0.004. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama (simultan) antara kualitas pelayanan dan bauran pemasaran terhadap kepuasan pasien, dengan nilai F hitung adalah sebesar 42.490 dengan nilai sig sebesar 0.000. Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini menunjukkan nilai 0.467 atau 46.7%. Hal ini dapat diartikan bahwa sebanyak 46.7% kepuasan pasien dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dan bauran pemasaran. Kesimpulan: Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Bauran pemasaran berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan dan bauran pemasaran secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Saran: Pihak rumah sakit dapat melakukan pengadaan dan penyebaran brosur, atau melakukan upaya promosi lewat media elektronik. Kepuasan pasien dalam penelitian ini lebih dominan terbentuk karena pengaruh kualitas pelayanan, jadi sebaiknya pihak rumah sakit meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7958
      Collections
      • Master of Hospital Management

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV