dc.description.abstract | Latar Belakang: Rumah sakit memegang peranan penting dalam pembangunan
kesehatan masyarakat karena mencakup penanganan atas kesehatan masyarakat.
Pada umumnya, pasien mengharapkan produk berupa barang atau jasa yang
dikonsumsi dapat diterima dan dinikmatinya dengan pelayanan yang baik atau
memuaskan. Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien.
Diduga faktor kualitas pelayanan dan bauran pemasaran dapat mempengaruhi
kepuasan pasien.
Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi. Tempat
penelitian adalah di RSUD Wirosaban Kota Yogyakarta. Sampel penelitian
berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan observasi.
Analisis data penelitian yaitu analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda,
uji t, uji F, dan koefisien determinasi.
Hasil dan Pembahasan: Berdasarkan hasil uji regresi diperoleh bahwa nilai
koefisien kualitas pelayanan adalah 0.498. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien
dengan nilai t hitung sebesar 5.543 dengan nilai sig sebesar 0.000. Berdasarkan
hasil uji regresi diperoleh bahwa nilai koefisien bauran pemasaran adalah 0.265.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara bauran
pemasaran terhadap kepuasan pasien dengan nilai t hitung sebesar 2.957 dengan
nilai sig sebesar 0.004. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
secara bersama-sama (simultan) antara kualitas pelayanan dan bauran pemasaran
terhadap kepuasan pasien, dengan nilai F hitung adalah sebesar 42.490 dengan
nilai sig sebesar 0.000. Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini
menunjukkan nilai 0.467 atau 46.7%. Hal ini dapat diartikan bahwa sebanyak
46.7% kepuasan pasien dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dan bauran
pemasaran.
Kesimpulan: Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Bauran
pemasaran berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan dan bauran
pemasaran secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pasien.
Saran: Pihak rumah sakit dapat melakukan pengadaan dan penyebaran brosur,
atau melakukan upaya promosi lewat media elektronik. Kepuasan pasien dalam
penelitian ini lebih dominan terbentuk karena pengaruh kualitas pelayanan, jadi
sebaiknya pihak rumah sakit meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan
kepada pasien. | en_US |