View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN PERPUTARAN PIUTANG PELAYANAN RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      BAB I (184.0Kb)
      BAB II (735.7Kb)
      BAB III (90.45Kb)
      BAB IV (351.2Kb)
      COVER (257.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (154.0Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (214.2Kb)
      LAMPIRAN (2.251Mb)
      Date
      2016-06-04
      Author
      PERTIWI, MONIKA BUDI PATRI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang. Piutang timbul karena adanya transaksi penjualan barang atau jasa secara kredit. Piutang termasuk dalam golongan aktiva lancar. Rumah sakit pasti memiliki beberapa pelanggan yang tidak sanggup membayar atau akan melunasi hutang mereka.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengelolaan piutang dapat mengganggu likuiditas rumah sakit atau tidak dan kinerja keuangan Metode. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analysis verifikatif analisis. Penelitian dilakukan di rumah sakit PKU Muhammadiyah Bantul dengan menggunakan laporan keuangn periode 2011-2013 dan wawancara dengan bagian keuangan. Hasil dan Pembahasan. Berdasarkan 7 indikator kinerja keuangan dari Pedoman Penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran BLU Rumah Sakit yaitu imbalan investasi, rasio kas, rasio lancar, perputaran piutang, perputaran persediaan, perputaran total aktiva, rasio modal sendiri terhadap total aktiva menunjukkan kinerja keuangan periode 2011-2013 rumah sakit dalam keadaan sehat. Metode penagihan yang kurang efektif menyebabkan rendahnya ratio perputaran piutang dan lambatnya pengembalian piutang pada piutang pasien Relasi dan Jamkesmas. Jumlah saldo kas minimal selama tiga periode 2011-2013 yang kurang rentan terhadap tidak terpenuhinya kewajiban jangka pendek. Kesimpulan. Kinerja keuangan rumah sakit masuk dalam kategori sehat. Metode penagihan piutang yang kurang efektif menyebabkan rendahnya ratio perputaran piutang dan pengembalian piutang yang lambat pada pasien Jamkesmas dan Pasien relasi.. Jumlah saldo kas minimal yang rendah bisa menempatkan rumah sakit dalam keadaan ilikuid.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7999
      Collections
      • Master of Hospital Management

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV