dc.contributor.advisor | WAHYUDI | |
dc.contributor.advisor | NURCAHYADI, TEDDY | |
dc.contributor.author | SUPRIYATNA, ASEP | |
dc.date.accessioned | 2017-01-13T02:10:42Z | |
dc.date.available | 2017-01-13T02:10:42Z | |
dc.date.issued | 2014-03-21 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8300 | |
dc.description | Bahan bakar alternatif seperti ethanol dapat menjadi pengganti bahan bakar fosil yang semkain menipis karena kebutuhna manusia yang semakin meningkat. Penggunaan ethanol sebagai campuran bahan bakar dapat meningkatkan angka oktan bahan bakar sehingga pembakaran di dalam ruang bakar lebih sempurna. Pada sistem pengapian CDI , timing pengapian sangat penting untuk mendapatkan waktu yang tepat dalam proses pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar. Untuk proses pembakaran yang lebih baik perlu dilakukan perubahan timing pengapian dengan penggantian CDI racing serta memperpanjang trigger pada magnet yang sudah disesuaikan dengan CDI racing, maka dilakukanlah penelitian tentang variasi timing pengapian terhadap kinerja motor bensin 4 langkah 100 cc dengan bakar campuran premium-ethanol dengan kandungan ethanol 30%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi CDI racing torsi dan daya lebih tinggi dibandingkan pada kondisi CDI standar. Pada kondisi CDI standar konsumsi bahan bakar mf lebih rendah dari pada kondisi CDI racing. | en_US |
dc.description.abstract | Bahan bakar alternatif seperti ethanol dapat menjadi pengganti bahan bakar fosil yang semkain menipis karena kebutuhna manusia yang semakin meningkat. Penggunaan ethanol sebagai campuran bahan bakar dapat meningkatkan angka oktan bahan bakar sehingga pembakaran di dalam ruang bakar lebih sempurna. Pada sistem pengapian CDI , timing pengapian sangat penting untuk mendapatkan waktu yang tepat dalam proses pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar. Untuk proses pembakaran yang lebih baik perlu dilakukan perubahan timing pengapian dengan penggantian CDI racing serta memperpanjang trigger pada magnet yang sudah disesuaikan dengan CDI racing, maka dilakukanlah penelitian tentang variasi timing pengapian terhadap kinerja motor bensin 4 langkah 100 cc dengan bakar campuran premium-ethanol dengan kandungan ethanol 30%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi CDI racing torsi dan daya lebih tinggi dibandingkan pada kondisi CDI standar. Pada kondisi CDI standar konsumsi bahan bakar mf lebih rendah dari pada kondisi CDI racing. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FT UMY | en_US |
dc.subject | TIMING PENGAPIAN | en_US |
dc.subject | MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 100 CC | en_US |
dc.subject | ETAHNOL 30% | en_US |
dc.subject | BAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM - ETHANOL | en_US |
dc.title | KAJIAN EKSPERIMENTAL PENGGUNAAN BAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM - ETHANOL DENGAN KANDUNGAN ETAHNOL 30% PADA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 100 CC DENGAN VARIASI TIMING PENGAPIAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |