dc.contributor.advisor | SANTOSO, TITO HADJI AGUNG | |
dc.contributor.advisor | RAHMAN, MUHAMMAD BUDI NUR | |
dc.contributor.author | NOFIANSYAH, DAYAT | |
dc.date.accessioned | 2017-01-13T02:25:15Z | |
dc.date.available | 2017-01-13T02:25:15Z | |
dc.date.issued | 2013-07-19 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8306 | |
dc.description | Sistem perpipaan digunakan untuk mengalirkan fluida kerja dari suatu peralatan ke peralatan lainnya. Dalam sistem perpipaan dimungkinkan terjadi tegangan yang elmebihi kekuatan ijinnya, sehingga perlu dilakukan analisis pada sistem perpipaan yang merupakan masalah statik tak tentu berderajat banyak menggunakan software yang telah memenuhi kaidah persyaratan sebagai alat bantu berdasarkan standard codes untuk perpipaan. Hasil analisis tegangan dan defleksi pada jalur pipa sebelum modifikasi diperoleh rasio teganga tertinggi terdapat pada node 2189 sebesar 77,1% serta defleksi maksimal di sumbu Y pada node 628 sebesar 60,96 mm dan setelah dilakukan modifikasi rasionya menjadi 45,8% pada node 2440 akibat beban occasional, sedangkan untuk defleksi maksimal terjadi pada sumbu X terjadi pada load case 8 sebesar 3,48 mm yang diakibatkan oleh beban angin. | en_US |
dc.description.abstract | Sistem perpipaan digunakan untuk mengalirkan fluida kerja dari suatu peralatan ke peralatan lainnya. Dalam sistem perpipaan dimungkinkan terjadi tegangan yang elmebihi kekuatan ijinnya, sehingga perlu dilakukan analisis pada sistem perpipaan yang merupakan masalah statik tak tentu berderajat banyak menggunakan software yang telah memenuhi kaidah persyaratan sebagai alat bantu berdasarkan standard codes untuk perpipaan. Hasil analisis tegangan dan defleksi pada jalur pipa sebelum modifikasi diperoleh rasio teganga tertinggi terdapat pada node 2189 sebesar 77,1% serta defleksi maksimal di sumbu Y pada node 628 sebesar 60,96 mm dan setelah dilakukan modifikasi rasionya menjadi 45,8% pada node 2440 akibat beban occasional, sedangkan untuk defleksi maksimal terjadi pada sumbu X terjadi pada load case 8 sebesar 3,48 mm yang diakibatkan oleh beban angin. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FT UMY | en_US |
dc.subject | SOFTWARE CAESAR II VERSI 5.00 | en_US |
dc.subject | JALUR PIPA BASE OIL LINE OB-89830/89833/89834/89835/89836/89837/89838/89839/89840/89841/89842/89843/89844/89845/-117-1 | en_US |
dc.subject | DEFLEKSI | en_US |
dc.subject | pipa base oil line | en_US |
dc.title | PENENTUAN TEGANGAN DAN DEFLEKSI PADA JALUR PIPA BASE OIL LINE OB-89830/89833/89834/89835/89836/89837/89838/89839/89840/89841/89842/89843/89844/89845/-117-1 MENGGUNAKAN SOFTWARE CAESAR II VERSI 5.00 (Studi kasus pada training Pipe Stress Analysis di PT. Ap-Greid , Jakarta) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |